212 Mahasiswa STIE Bima Angkatan XII Diwisuda

Kota Bima, Kahaba.- Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima, Sabtu (29/8) menggelar acara rapat senat terbuka dalam rangka wisuda sarjana angkatan XII sebanyak 212 orang mahasiswa di Gedung Convention Hall Paruga Nae, Kota Bima.

Ketua STIE Bima memberikan ucapan selamat saat pengukuhan kepada Wisudawan dan Wisudawati. Foto: Bin

Ketua STIE Bima memberikan ucapan selamat saat pengukuhan kepada Wisudawan dan Wisudawati. Foto: Bin

Hadir pada acara itu Asisten III Setda Pemerintah Kota Bima dan Kabupaten Bima, Kopertis Wilayah VIII Prof. Dr. I. Nengah Dasi Astawa dan ratusan orang tua mahasiswa.

Ketua STIE Bima, Firdaus, ST, MM mengawali sambutannya dengan mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati yang di wisuda, dirinya turut bersyukur dan bahagia.

Kata dia, wisuda merupakan hasil kerja keras yang nyata sebagai bagian dari akuntabilitas STIE Bima kepada masyarakat. Wisuda merupakan pertanda kesungguhan civitas akademika STIE Bima untuk melaksanakan tugasnya sesuai dengan agenda yang telah ditentukan, serta target mutu dalam bidang pendidikan yang ingin dicapai.

Menurutnya, Wisuda juga merupakan indikator akuntabilitas yang terkait dengan mutu STIE Bima sebagai institusi Perguruan Tinggi. Makna penting lagi bagi STIE Bima, yang terkait dengan keberhasilan meluluskan mahasiswa untuk jenjang pendidikan sarjana bagi perguruan tinggi, lebih merupakan wujud karya STIE Bima yang terkait dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Ketua STIE Bima dan Jajaran Dosen  STIE saat memasuki acara wisuda. Foto: Bin

Ketua STIE Bima dan Jajaran Dosen STIE saat memasuki acara wisuda. Foto: Bin

“Wisudawan dan Wisudawati merupakan generasi insan pembangunan bangsa. Setelah diwisuda, diharapkan pengalaman selama belajar di STIE Bima telah menambah kematangan inteletual. Bahwasanya pendidikan pada Perguruan Tinggi merupakan pendidikan akhir sebelum terjun ke masyarakat dengan predikat sebagai Sarjana Ekonomi,” ujarnya.

Sambungnya, pada hari ini secara legal diakui mahasiswa yang diwisuda memiliki keahlian sesuai dengan gelar akademik yang tercantum dibelakang nama. Dirinya berharap nama baru tersebut benar – benar menggambarkan kompetensi pada bidang Ekonomi.

“Saya juga ingin berpesan, untuk seterusnya nama STIE Bima akan melekat dalam kehidupan anda. Saya percaya anda akan dapat menjaganya dengan baik. Jangan lupa, masyarakat telah menunggu karya – karya anda,” katanya.

Wisudawan dan Wisudawati memasuki acara wisuda. Foto: Bin

Wisudawan dan Wisudawati memasuki acara wisuda. Foto: Bin

Ia menjelaskan, upaya pihaknya yang terus dipertajam yakni berupaya agar STIE Bima dapat terus meningkatkan mutunya, yang tentu harus menjadi akuntabel. Berkaitan dengan hal tersebut, STIE Bima mencoba memperkenalkan atmosfir akademik baru bagi masyarakat Bima, melalui perombakan kurikulum yang mengarahkan pada kompetensi lulusannya dan melakukan pembenahan fasilitas akademik dan kemahasiswaan.

“Kita ingin mensejajarkan diri kita dalam bidang perkembangan ilmu pengetahuan, tekhnologi dan seni. Kita ingin menempatkan diri secara pas dalam proses demokratisasi, tekanan global, kekuatan ekonomi yang tak seimbang, tekanan politik, dan pengaruh kuat berbagai kebudayaan yang melanda bangsa dan negara,” jelasnya.

Firdaus menambahkan, wisuda saat ini juga memiliki arti yang penting, karena masyarakat, bangsa dan negara mendapatkan kembali sarjana – sarjana terbaik yang telah menjadi sarjana terdidik dan terlatih di STIE Bima.

Sementar itu, Asisten III Setda Kota Drs. Suryadi dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan – wisudawati. “Tantangan kedepan terbuka lebar dan membutuhkan para generasi terbaik seperti para sarjana ini,” katanya.

10 orang Wisudawan dan Wisudawati terbaik. Foto: Bin

10 orang Wisudawan dan Wisudawati terbaik. Foto: Bin

Menurut dia, wisuda tahun ini juga menjadi refleksi keberhasilan dalam dunia pendidikan. Ini hasil kerjakeras dan usaha seluruh Civitas Akademika STIE Bima. “Teruslah berkiprah dan berkarya dalam pembangunan daerah dan bangsa. Menciptakan peluang kerja dan menjadi wirausaha yang handal, untuk mendorong majunya ekonomi di Kota Bima,” tuturnya.

Pada sempatan itu juga dibacakan 10 orang wisudawan dan wisudawati terbaik. Masing – masing Terbaik pertama Sri Mandawati dengan IPK 3,79, disusul Ismawati dengan IPK 3,73. Terbaik ketiga Nita Sapta Dewi dengan IPK 3,71, terbaik keempat Rahmat Hidayat dengan IPK 3,65.

Kemudian terbaik kelima, Nurul Wardah dengan IPK 3,64, disusul Novia Sapta Ningsih dengan IPK 3,60. Terbaik ketujuh, Sumantia dengan IPK 3,57, terbaik kedelapan Sri Hartati dengan IPK 3,51, terbaik kesembilan Winda Surya Pratiwi dengan IPK 3,48 dan terbaik kesepuluh Hairuriadiani dengan jumlah IPK 3,46.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *