Mahasiswa UIN Makassar Adakan Lomba KIT di MAN 1

Kota Bima, Kahaba.- Mahasiswa KKN Universitas Islam Negeri (UIN) Alaudin Makassar mengadakan lomba Ketrampilan IPA Terpadu (KIT), di ruang laboratorium Fisika MAN 1 Kota Bima, Rabu (9/9). Lomba tersebut diikuti 24 siswa kelas X dan XI.

Lomba KIT di MAN 1 Kota Bima. Foto: EM

Lomba KIT di MAN 1 Kota Bima. Foto: EM

“Lomba yang kami adakan berlangsung sehari saja. Dengan tujuan agar siswa mampu memperkuat dan mengembangkan wawasan di bidang Fisika,” ujar Ketua KKN UIN Alaudin Makasar, Ardy Marwiliansyah,

Ia menjelaskan, kegiatan itu merupakan bagian dari program KKN Kampus UIN Alaudin yang saat ini dilaksanakan di tiga Provinsi, masing-masing Provinsi NTB, NTT dan Jogyakarta. Lomba tersebut sekaligus memperkenalkan dunia Fisika kepada siswa. Sebab ilmu Fisika dapat menyingkap rahasia alam yang telah terjadi dahulu maupun dalam praktek kehidupan sehari-hari.

“Dengan belajar fisika, kita tahu bagaimana perkembangan tekhnologi ke depan serta dapat melatih untuk berpikir logis dan matematis,” jelasnya.

Ardy mengatakan, ilmu fisika mempunyai andil besar dalam setiap penemuan tekhnologi setiap Negara. Untuk itu, melalui lomba itu pula, siswa dapat mengerti dan memahami ilmu dasar fisika.

Bagi peserta yang berhasil meraih poin tertinggi, berhak atas hadiah berupa piagam, piala dan bonus. “Hadiahnya tidaklah besar, namun sangat membantu siswa untuk terus menorehkan prestasi,” tandasnya.

Sementara itu, Guru Pembimbing Fisika MAN 1 Kota Bima, Anang S.Pd mengungkapkan, sebelum mengikuti lomba siswa terlebih dahulu diberi pembekalan dan try out selama sebulan. Kemudian diikuti latihan mengerjakan soal sederhana.

“Alhamdulillah selama pembengkalan, siswa antusias mengikuti. Sehingga saya optimis, seluruh peserta dapat menyelesaikan soal secara keseluruhan,” tuturnya.

Salah satu peserta siswa XI IPA 2, Haya Fauziah menuturkan, lomba tersebut sangat bermanfaat. Karena dia bersama temannya dapat terus mengasah kemampuan dalam ilmu fisika. Untuk itu mereka menginginkan tahun depan lomba tersebut rutin tetap diadakan setiap tahun dan peserta lomba dilibatkan sekolah  lain, agar akan ada kompetisi.

“Semoga tahun depan lomba tetap diadakan, juga diikuti lomba di mata pelajaran lainnya. Dan pesertanya juga dari sekolah lain, sehingga akan ada kompetisi yang bagus,” harapnya.

*EM

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *