Kabar Bima

Periksa Hewan Kurban, Tim Dibentuk

243
×

Periksa Hewan Kurban, Tim Dibentuk

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Untuk memastikan kondisi dan kesehatan hewan sebelum dikurbankan pada hari Raya Idul Adha 24 September mendatang, Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Peternakan akan membentuk tim pemeriksa. Hal itu diperlukan untuk menjaga sejumlah kemungkinan terjadi terhadap hewan kurban.

Ilustrasi
Ilustrasi

Demikian disampaikan Kasubag Pemberitaan dan Informasi Humas Protokol Setda Kabupaten Bima, Suryadin, kemarin. Ia mengatakan, hewan kurban harus benar-benar sehat. Karena dagingnya akan dikonsumsi warga.

Periksa Hewan Kurban, Tim Dibentuk - Kabar Harian Bima

Artinya kata dia, hewan yang dikurban itu steril, tidak mengidap virus atau penyakit berbahaya dan mematikan. “Karena kalau terkena virus sangat berbahaya bagi masyarakat yang mengonsumsi,” terangnya.

Meski persiapan tim sudah dilakukan lanjutnya, tetapi sejauh ini pihaknya belum menerima laporan berapa banyak hewan yang disiapkan pemerintah untuk dikurbankan itu. Karena masih menunggu laporan dari sejumlah dinas dan SKPD yang ada.

“Kami belum mendapatkan laporan dari semua Instansi yang ada berapa jumlah hewan kurban tahun ini,” katanya.

Karenanya, pemerintah telah bersurat ke semua SKPD meminta agar semua sumbangan hewan kurban dilaporkan. Sehingga dapat diidentifikasi terkait jumlah dan kondisi hewan tersebut. “Demikian pun lokasi pusat kurban kata dia, belum tentukan.

“Bisa saja di Woha atau di sejumlah kecamatan lain. Itu tergantung dari hasil rapat nanti,” ujarnya.

Suryadin berharap, tim pemeriksa hewan itu akan dibentuk juga di setiap kecamatan. Melalui UPT Peternakan setrempat. Ini penting, dalam upaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

*Ady