Walikota Bima Tutup MTQ Tingkat Provinsi NTB

Kota Bima, Kahaba.- Walikota Bima HM. Qurais H. Abidin secara resmi menutup Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XXVI tingkat Provinsi NTB Tahun 2015, di arena utama Lapangan Merdeka Bima, Jum’at (18/9) malam.

Walikota Bima melaporkan kegiatan MTQ. Foto: Bin

Walikota Bima melaporkan kegiatan MTQ. Foto: Bin

Upacara penutupan dihadiri Kepala Daerah beserta Wakil dan Sekda dari Kabupaten dan Kota se Provinsi NTB, jajaran instansi vertikal dari Kabupaten dan Kota, Dewan Hakim MTQ, Ketua LPTQ Provinsi, Pemuka agama dan tokoh masyarakat.

Arena utama yang dipadati pengunjung tersebut, turut menyajikan ragam hiburan islami. Diantaranya tari persembahan khas dari ponpes Al Husainy dan hiburan lainnya.

HM. Qurais H. Abidin dalam sambutannya mengucapkan terikasih kepada seluruh jajaran dan stakeholder yang sukses menggelar acara MTQ tingkat Provinsi NTB.

“Kegiatan ini telah terlaksana dengan baik dari awal hingga akhir acara. Untuk itu atas nama Pemerintah kami mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang baik semua pihak. Sehingga acara terlaksana dengan baik,” tandasnya.

Dia juga berpesan kepada pemenang yang akan mewakili Provinsi NTB diajang MTQ tingkat Nasional tahun 2016 di Kota Mataram mendatang, untuk terus berlatih dan dapat memberikan hasil terbaik, guna meningkatkan prestasi juga mengharumkan nama NTB ditingkat Nasional.

”Dan bagi peserta yang belum meraih juara, tidak usah kecewa. Semoga ini menjadi pelajaran agar lebih giat untuk belajar dengan penuh disiplin dan sungguh-sungguh agar dapat terus meningkatkan kemampuan,” terangnya.

Qurais juga mengatakan, kegiatan MTQ merupakan agenda rutin yang digelar setiap tahunnya, karena merupakan bagian dari program Pemerintah pusat dalam membumikan Al-Quran. Kegiatan itu juga, mempunyai makna memperkuat syiar Islam dan menanamkan pengetahuan Islam bagi masyarakat. Oleh karena itu, Al-Quran sebagai pedoman hidup hendaknya menjadi landasan dalam kehidupan sehari – hari.

”Al-Quran tidak hanya sekedar dibaca namun diaplikasikan dalam kehidupan. Dan gerakan membaca Al Quran hendaknya betul – betul berjalan disetiap pelosok,” bebernya.

Untuk itu, Qurais menambahkan, dirinya mengajak seluruh masyarakat untuk lebih memelihara ke Islaman pada diri masing – masing dengan senantiasa mengingat Allah SWT serta melakukan perbuatan yang di Ridhoi Allah SWT. Hal ini sebagai cermin kehidupan umat muslim di Indonesia

”Melalui momentum kegiatan MTQ ini, maka diharapkan pengembangan nilai–nilai Al Quran juga tertanam pada diri setiap peserta Musabaqoh yang dicerminkan dalam setiap tingkah laku  sehari-hari,” paparnya.

Tidak lupa pula, di akhir sambutannya, Walikota Bima mengucapkan terimaksih kepada semua pihak yang telah banyak membantu pelaksanaan awal lomba hingga kegiatan penutupan.

“Terimakasih kepada seluruh elemen pemerintah dan masyarakat, yang turut berpartisipasi membantu pelaksanaan MTQ,” tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Ir. HM Rum dalam laporannya menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi dari seluruh masyarakat Kota Bima, yang  telah bekerjasama dengan pemerintah, untuk ikut serta dalam mensukseskan MTQ ke-XXVI tingkat Provinsi NTB.

“Kami juga atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Bima, menyampaikan permohonan maaf kepada semua pihak jika terdapat kekurangan dalam penyelenggaraan MTQ,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan terimakasih kepada dewan hakim yang telah menjalankan tugas dengan baik, sehingga tidak pernah ada keluhan sedikitpun dari perwakilan peserta selama berjalannya lomba.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Pengumuman pemenang MTQ dari panitia dewan hakam yang telah ditunjuk. Adapun ajang yang diperlombakan, antara lain cabang Tartil, Tilawah, Cacat Netra, Tahfidzh, Tafsir Bahasa Arab, Naskah, Hiasan Mushaf, Presentasi M2IQ, Tafsir Bahasa Indonesia, Tafsir bahasa Inggris, Qira’at, Remaja, Dewasa Kontemporer, Cabang Syarh Al-Quran, Cabang Fahmil Al-Quran serta cabang lainnya.

Setelah membacakan seluruh prestasi juara hingga harapan ke tiga setiap mata lomba, didapatkan hasil bahwa Kota Bima keluar sebagai juara umum (MTQ) ke-XXVI tingkat Provinsi NTB tahun 2015.

Juara Umum pertama diraih Kota Bima, diikuti Lombok Tengah, Lombok Barat, Kota Mataram, Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima, Lombok Timur, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Lombok Utara dan Kabupaten Sumbawa Barat.

*EM

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *