HUT PMI, Asisten I Buka Kegiatan Donor Darah

Kota Bima, Kahaba.-  Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bima menggelar berbagai kegiatan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) PMI ke 70. Salah satunya adalah kegiatan donor darah yang dilaksanakan Senin Pagi (21/09) di Taman Ria Kota Bima.

Ilustrasi

Ilustrasi

Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten I Setda Kota Bima Drs. M. Farid. Hadir pula sejumlah kepala SKPD Kota Bima, para pelajar, aparat kepolisian yang  sekaligus menjadi pendonor.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima Ihya Ghazali, S.Sos melalui siaran pers nya mengatakan, Asisten I mengapresiasi kegiatan donor darah yang dilaksanakan oleh PMI. Hal ini mengingat PMI memiliki peranan yang sangat penting, salah satunya adalah untuk urusan penyediaan darah bagi pasien yang membutuhkan.

“Saya senang dan bangga, karena PMI melibatkan banyak pihak dalam kegiatan yang mulia ini,” ujar Asisten I.

Menurutnya, kondisi yang dialami dan menjadi keluhan masyarakat umum saat ini adalah kurangnya ketersediaan darah di PMI maupun di Rumah Sakit. Keluhan ini tercatat di Rumah Sakit maupun di berbagai klinik di Kota Bima. Para pasien maupun keluarga pasien mengeluhkan sulitnya mendapatkan darah.

Namun diakuinya, masih banyak keterbatasan atau kendala, antara lain PMI belum memiliki fasilitas penyimpanan darah yang layak. “Kondisi ini akan kita upayakan bersama untuk dicarikan solusinya,” janjinya.

Diakhir sambutannya, Farid mengucapkan selamat hari Jadi PMI ke-70, semoga PMI dapat selalu menjadi penolong masyarakat dalam kondisi darurat, khususnya darurat kebutuhan darah dan  penanganan bencana.

Sementara itu, Ketua Panitia H. Ramli Hakim dalam sambutannya mengatakan, setetes darah dapat menolong nyawa manusia. Dari donor darah itu, dapat memberi kesadaran masyarakat untuk mau mendonorkan darahnya demi kemanusiaan.

“Selain itu juga dapat memberikan pengaruh kesehatan yang baik bagi pendonornya. Karena akan memperoleh darah baru yang lebih bersih,” jelasnya.

Selain itu, dengan konsistensi para pendonor mendonorkan darahnya, akan memperkokoh upaya pembangunan kesehatan masyarakat. Apalagi akan memantik semangat perayaan hari Palang Merah Inodonesia (PMI) ke 70. Hal ini juga sesuai dengan tema yang diusung yakni “Mengabdi untuk Kemanusiaan dan Kemerdekaan”.

“Target kita diacara donor darah HUT PMI kali ini adalah mengumpulkan 100 kantong darah,” katanya.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *