Pemkot Bima Gelar Pencanangan Tanam Pohon di Dana Traha

Kota Bima, Kahaba.- Bertujuan memulihkan 1.500 hektar lahan kritis, Pemerintah Kota Bima, Sabtu (26/9) menggelar kegiatan Pencanangan Tanaman Pohon dengan tema ”Satu Pohon Sejuta Manfaat” di Dana Traha.

Penyerahan pohon mangrove oleh Walikota Bima kepada Danrem 162 Wira Bhakti. Foto: Bin

Penyerahan pohon mangrove oleh Walikota Bima kepada Danrem 162 Wira Bhakti. Foto: Bin

Kegiatan tersebut juga dihadiri Dirjen Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Perhutanan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PDASP) Hilman Nugroho, Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsigaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Bernardus Wisnu Wijaya, Direktur KTA Firman, Danrem 162 Wira Bhakti Kolonel Zeni Lalu Rudy Irham Srigede dan Musisi legenda Indonesia Iwan Fals.

Walikota Bima HM. Qurais H. Abidin dalam sambutannya mengatakan, sungguh sebuah kehormatan dan kebahagiaan, karena Kota kecil ini mendapat kunjungan dari Pemerintah Pusat, terlebih kedatangan Iwan Fals, sang legendaris.

Kata dia, ada beberapa isu strategis tentang pengelolaan daerah Kota Bima, antara lain, kawasan pemukiman yang terletak di daerah muara dan dikelilingi oleh perbukitan serta kondisi perbukitan yang kebanyakan telah gundul, sehingga dengan sendirinya rawan banjir.

“Kondisi inilah yang membuat kami menempatkan beberapa program sebagai agenda prioritas. Antara lain, pembentukan Kota Bima sebagai Kota tangguh yang didukung BNPB. Rencana pengembangan Kota Bima sebagai Kota tepian air. Pelestraian lingkungan dan penghijauan, baik hutan di gunung maupun hutan mangrove,” ujarnya.

Menurut Qurais, ketiga hal itu berkorelasi, yaitu pembangunan kota tepian air, kota tangguh bencana serta upaya penghijauan lingkungan. Itulah yang menjadi dasar pemikiran pihaknya melaksanakan pencanangan program tersebut, yaitu menggugah kesadaran masyarakat untuk menggerakkan seluruh pihak, untuk mau bersama – sama melaksanakan kegiatan penghijauan, sehingga hal itu tidak semata – mata menjadi slogan atau agenda semata.

Walikota saat memberikan sambutan pada Pencanangan Tanam Pohon di Dana Traha. Foto: Bin

Walikota saat memberikan sambutan pada Pencanangan Tanam Pohon di Dana Traha. Foto: Bin

“Yang kita laksanakan hari ini pencanangan saja, disertai penanaman pohon secara simbolis. Kegiatan penanaman besar – besaran dengan melibatkan seluruh masyarakat akan dilaksanakan pada saat memasuki musim hujan, agar potensi tumbuhnya juga besar,” jelasnya.

Sambung orang nomor satu di Kota Bima itu, setelah pencanangan di Dana Traha, pihaknya melaksanakan program penanaman mangrove di kawasan pantai Niu atau gerbang Kota Bima bersama dengan TNI, dalam rangka memperingati HUT TNI Tahun 2015.

Sebelumnya, Presiden Direktur Pink Studio, yang mendatangkan Iwan Fals, Selvy Novia Rahmayani dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan rasa bangga terhadap pemerintah Kota yang peduli terhadap kelestarian. “Kami sebagai generasi muda akan bahu membahu mensukseskan program Pemerintah Kota Bima, agar menjadi kota hijau, kota tangguh bencana dan kota tepian air,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Perhutanan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PDASP) Hilman Nugroho juga mengapresiasi langkah Walikota Bima yang peduli terhadap lingkungan. Pihaknya pun, akan membantu mendistribusikan kebutuhan penanaman secara gratis kepada Pemerintah Kota Bima.

“Ini langkah maju yang diambiloleh Walikota Bima. Kita berharap, semoga semangat peduli terhadap lingkungan ini juga menular kepada seluruh rakyat Kota Bima,” ucapnya.

Iwan Fals saat penanaman pohon di Dana Traha. Foto: Kahaba

Iwan Fals saat penanaman pohon di Dana Traha. Foto: Kahaba

Sementara itu, Danrem 162 Wira Bhakti Kolonel Zeni Lalu Rudy Irham Srigede saat memberikan sambutan di silyah Niu sebelum penanaman pohon mangrove mengatakan, sangat mendukung program Walikota Bima tersebut dengan melibatkan TNI.

Tema yang diusung “Satu Pohon Sejuta Manfaat”, menurutnya, merupakan program yang sangat bagus mengingat manfaat pohon yang ditanam oleh masyarakat akan dirasakan oleh generasi kedepan. Kalau dilihat dari aspek manfaat pohon, hanya 5 persen, tetapi manfaat lain dari keberadaan pohon ini sebanyak 95 persen, seperti menyimpan cadangan air, menjaga kelestarian lingkungan dan menjaga keseimbangan alam.

“Apabila banyak pohon, maka kehidupan kita juga akan sehat. Ini yang menjadi poin program TNI juga dalam memperingati HUT TNI ke 70,” tambahnya.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *