Siswa SDN 5, Lolos ke Final OSK 2012

Kota Bima, Kahaba.- Prestasi nasional berhasil ditorehkan Rahel Humaerah, siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 05 Kota Bima dalam perhelatan Olimpiade Sains Kuark (OSK) 2012. Dalam pengumuman resmi yang dimuat Senin (28/5) di laman panitia kegiatan, nama Rahel tertera diantara 100 peserta OSK 2012 yang berhak berlaga di babak final yang akan diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 30 Juni mendatang.

Olimpiade Sains Kuark (OSK) 2012

Setelah melewati babak penyisihan dan semifinal yang keduanya digelar di Kota Bima Januari dan Maret lalu, Rahel Humaerah menjadi satu-satunya peserta asal Kota/Kabupaten Bima yang berhasil meraih tiket final OSK 2012. Hebatnya lagi, dalam olimpiade sains yang terbagi dalam tiga level berdasarkan kelas ini, Rahel menjadi satu-satunya peserta yang mewakili provinsi Nusa tenggara barat (NTB) untuk final OSK 2012 level II (kelas 3 dan 4), sementara untuk level I (kelas 1 dan 2) diwakili oleh peserta asal Kabupaten Sumbawa, dan level III (kelas 5 dan 6) diwakili oleh peserta asal Kota Mataram. Dalam babak final nanti, jumlah keseluruhan peserta yang berlaga adalah 300 orang yang artinya terdapat 100 orang yang kan bersaing pada masing-masing level.

Kepala Sekolah SDN 5 Kota Bima,  Mansyur M. Sidik, S.Pd, mengungkapkan kebahagiaannya atas prestasi anak didiknya. Humaerah dikenal sebagai seorang siswa yang gemilang di kelasnya, terbukti dengan banyaknya penghargaan yang dia dapatkan dari mengikuti banyak kompetisi keilmuan.

Ditanya mengenai persiapan khusus yang dilakukan sekolah menjelang siswa/siswi mengikuti olimpiade, Mansyur mengungkapkan anak-anaknya hanya mengikuti bimbingan dari guru bidang studi sains beberapa hari sebelum kegiatan dilangsungkan.  “Persiapan khusus tidak ada, bimbingan hanya diberikan beberapa hari sebelum penyelenggaraan kompetisi, dimana siswa dilatih dengan soal-soal khusus yang disediakan oleh KUARK,” ungkapnya Mansyur kepada pewarta Kahaba.

Berdasarkan press release dari panitia pusat, OSK tahun ini diikuti oleh setidaknya 86.758 peserta dari seluruh Indonesia. Babak penyisihan telah dilangsungkan pada 28 Maret lalu dan berhasil menjaring 27.156 peserta yang berkompetisi kembali untuk bisa lolos ke babak final. Babak Final Olimpiade Sains Kuark 2012 sendiri akan dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 30 Juni 2012 dan Malam Penghargaan bagi Finalis direncanakan digelar di Bogor pada tanggal 1 Juli 2012. [BQ]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *