Kabar Bima

Kemarau Panjang, Stok Pangan di Bima Aman

240
×

Kemarau Panjang, Stok Pangan di Bima Aman

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Kendati Bima mengalami kemarau panjang, namun dipastikan persediaan pangan cukup sampai 13 bulan kedepan. Kemarau tahun ini tidak akan berdampak.

Kepala Kantor Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kabupaten Bima Rendra Farid. Foto: Bin
Kepala Kantor Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kabupaten Bima Rendra Farid. Foto: Bin

“Musim kemarau panjang tahun ini tidak berdampak langsung pada ketersediaan pangan jenis apapun,” ujar Kepala Kantor Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kabupaten Bima Rendra Farid, Jum’at (9/10) di ruangannya.

Kemarau Panjang, Stok Pangan di Bima Aman - Kabar Harian Bima

Kata dia, khususnya beras dan jenis pangan lain seperti jagung, kedelai maupun umbi-umbian, ketersediaannya di Kabupaten Bima masih cukup sampai 13 bulan kedepan. ”Insya Allah stok pangan kita masih cukup,” katanya.

Bahkan, dipastikan stok pangan akan bertambah,  karena dalam waktu dekat dibeberapa wilayah akan panen beberapa jenis pangan. Termasuk aktifitas pertanian saat ini, berdasarkan hasil koordinasi dengan intasi pertanian, terjadinya kemarau panjang tidak terlalu menggangu aktifitas pertanian.

“Walaupun ada beberapa wilayah yang mulai alami krisi air tetapi pada wilayah tertentu masih tetap berproduksi,” jelasnya.

Disampaikan pula, produksi pangan di Bima dibanding jumlah penduduk masih tinggi hasil produksi. Data BKKBN, penduduk Kabupaten Bima saat ini 480 ribu, sementara kebutuhan perorang perkapita setiap tahun hanya 118 kg. “Bila dikali hasil produksi, masih surplus dan itu terjadi setiap tahun. Jadi tidak ada sejarah bima kekurangan pangan,” yakinnya.

*Bin/Abu