Koperindag Gelar Bimtek Akses Permodalan KUR

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Koperindag Kota Bima menggelar Bimbingan Teknis akses permodalan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang bekerjasama dengan BRI Cabang Bima, Selasa (13/10) di PLUT Amahami Kota Bima. Kegiatan tersebut juga digabungkan dengan bimbingan teknis pembuatan sertifikat 100 persen halal bagi para pengusaha dan industri rumahan.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima Ihya Ghazali. Foto: Bin

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima Ihya Ghazali. Foto: Bin

Staf Ahli Walikota Bima Bidang Pemerintahan H. Zulkifli dalam sambutannya menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada BRI Cabang Bima atas berbagai programnya bagi Kota Bima dalam rangka Peningkatan Usaha Kecil.

Menurut dia, salah satu masalah paling berat yang dihadapi oleh wirausaha adalah masalah permodalan. Seringkali, para pelaku usaha kecil tidak bisa meminjam modal dari Bank karena tidak punya aset untuk diagunkan atau dijaminkan.

“Alhamdulillah, Pemerintah bekerjasama dengan sejumlah bank nasional untuk melaksanakan program kredit usaha rakyat, yaitu kredit modal kerja atau kredit investasi yang diberikan kepada usaha mikro, kecil, dan koperasi yang memiliki usaha produktif,” papar Zulkifli melalui siaran Pers yang disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima Ihya Ghazali, S.Sos.

Kata dia, kegiatan usaha kecil memiliki peran yang sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi daerah maupun nasional. Saat ini, pemberdayaan usaha kecil lebih diarahkan pada upaya peningkatan produktivitas dan daya saing. Dipesankannya pula kepada Dinas terkait agar mampu memainkan peranannya dalam pembina kelompok usaha mikro, kecil, dan menengah, dengan memperhatikan faktor-faktor yang menunjang kegiatan usaha yang sehat.

Diakhir sambutannya, ia berharap kegiatan tersebut bukan hanya sebagai pemenuhan program kegiatan instansi, tetapi harus benar-benar tumbuh keinginan, tekad dan komitmen untuk membina pelaku usaha secara intens, sehingga mereka termotivasi untuk mengembangkan diri. Demikian pula para pelaku usaha juga harus memiliki kemauan yang keras untuk mau mengembangkan diri.

Sementara itu, Kepala BRI Cabang Bima Marfis Antonius menyampaikan, BRI bersama pemerintah bahu membahu bekerjasama dalam pengembangan usaha ekonomi kerakyatan. Salah satu produk BRI yaitu kredit usaha rakyat sudah dilaksanakan mulai tahun 2010. Program ini dipandang perlu untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan.

“Mudah-mudahan dengan Program ini dapat memberikan manfaat bagi para pengusaha kecil dan menengah yang ada di Kota Bima, untuk lebih mengembangkan usaha sehingga nantinya akan berpengaruh pula pada pengembangan ekonomi di Kota Bima,” harapnya.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *