Wawali Bima Buka Rakor Dewan Ketahanan Pangan

Kota Bima, Kahaba.-   Wakil Walikota (Wawali) Bima H. A. Rahman H. Abidin membuka Rapat koordinasi Dewan Ketahanan Pangan tingkat Kota Bima, Senin (19/10) di Aula Kantor Walikota Bima. Acara tersebut dihadiri Asisten II, Kepala BKP2 Kota Bima, Anggota FKPD Kota Bima, para kepala SKPD, Camat dan Lurah se-Kota Bima, pimpinan Perguruan Tinggi, serta Ketua Gapoktan se-Kota Bima.

Wakil Walikota Bima H. A. Rahman H. Abidin. Foto: Bin

Wakil Walikota Bima H. A. Rahman H. Abidin. Foto: Bin

Wawali dalam sambutannya menyampaikan, salah satu aspek penting pertahanan bangsa dan negara adalah sektor pangan. Sebab, itu terkait erat dengan kebutuhan paling mendasar dalam kehidupan manusia. Tanpa kecukupan pangan, mustahil bangsa mampu mewujudkan tujuan pembangunan yang dikehendakinya, bahkan sebaliknya akan merusak tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Persoalan pangan harus menjadi agenda penting dalam pembangunan. Sebab, tantangan utama yang dihadapi umat manusia pada masa yang akan datang adalah kebutuhan pangan. Kebutuhan pangan akan terus meningkat seiring peningkatan jumlah penduduk,” ujar melalui siaran pers yang disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima Ihya Ghazali.

Dijelaskannya, melalui rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2013 – 2018, Pemerintah Kota Bima telah menetapkan ketahanan pangan menjadi prioritas pembangunan daerah yang telah tertuang melalui misi keempat, yaitu menjadikan masyarakat sejahtera berbasiskan pembangunan ekonomi lokal dengan penyediaan infrastruktur yang memadai dan perluasan akses ekonomi yang berdaya saing.

Baginya, ke depan PR yang harus diselesaikan tidaklah ringan. Masih banyak beberapa tantangan dan permasalahan, antara lain laju pertumbuhan penduduk yang relatif tinggi, perubahan iklim yang ekstrim, laju alih fungsi lahan yang pesat, serta keterbatasan dan kerusakan jaringan irigasi, jalan dan transportasi lainnya, Degradasi sumber sumber daya alam dan lingkungan.

Menyangkut permasalahan degradasi lingkungan, sambungnya, Pemerintah Kota Bima bertekad melakukan kegiatan penghijauan besar-besaran yang akan dimulai pada musim penghujan. Dalam kesempatan tersebut diajaknya seluruh pihak untuk ikut serta melakukan penghijauan.

“Jika dinas kehutanan dan lingkungan hidup telah selesai menyusun roadmap penghijauan, nanti dalam peta tersebut dapat dilihat area-area untuk dilakukan penanaman. Bibitnya juga dapat diminta pada dinas kehutanan,” katanya.

Dalam laporannya Kepala BKP2, Ir. Darwis menyampaikan rakor dilaksanakan guna merumuskan kebijakan dan strategi pembangunan ketahanan pangan daerah. Selain itu, juga diharapkan terbangun komitmen bersama untuk meningkatkan koordinasi, sinkronisasi dan integrasi program dalam rangka membangun kedaulatan dan kemandirian pangan daerah.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *