Mobil Keliling Dukcapil Sambangi Desa Mbawa, Tolonggeru dan Palama

Kabupaten Bima, Kahaba.- Melaksanakan fungsinya dengan baik, Mobil Keliling Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) terus jemput bola dan mengunjungi Desa – Desa pelosok, guna melayani pembuatan administrasi kependudukan warga.

Kepala Dinas Dukcapil saat menyerahkan Akta Nikah secara simbolis kepada Masyarakat non Muslim di Desa Mbawa Kecamatan Donggo. Foto: Bin

Kepala Dinas Dukcapil saat menyerahkan Akta Nikah secara simbolis kepada Masyarakat non Muslim di Desa Mbawa Kecamatan Donggo. Foto: Bin

Setelah meluncur ke Desa Oi Bura Kecamatan Tambora dan disambut antusias warga beberapa waktu lalu, Mobil Keliling tersebut selama dua hari, Senin dan Selasa (19-20/10) menyambangi dan membantu masyarakat Desa Mbawa, Tolonggeru dan Palama.

“Alhamdulillah sambutan warga luar biasa, warga senang didatangi Mobil Keliling Dukcapil karena mendapatkan pelayanan keliling perekaman KTP elektronik, pembuatan KK, pembuatan Akta Kelahiran secara gratis dan pembuatan Akta Nikah bagi masyarakat Non Muslim,” ujar Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bima, Andi Sirajudin.

Kata dia, pelayanan tersebut merupakan kelanjutan agenda itu untuk menuntaskan warga yang belum memiliki identitas kependudukan. Karena selama ini, warga terutama di pelosok dan Kecamatan yang jauh, kesulitan untuk mengurus. “Warga juga sangat berterimakasih dengan ada pelayanan gratis seperti ini,” katanya.

Menurut Sirajudin, keberadaan Mobil keliling benar – benar dirasakan manfaatnya oleh rakyat Kabupaten Bima. Adanya akan difungsikan secara terus menerus, karena banyak warga yang belum memiliki identitas kependudukan. Padahal itu merupakan salah satu komponen penting untuk mengurus berbagai kebutuhan.

“Ini sudah menjadi program kami sejak awal. Karena Kabupaten Bima yang cukup luas, maka kami perlu jemput bola dan mengurus administrasi kependudukan yang tidak menyusahkan rakyat,” tambahnya.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *