Suspect Campak Tahun ini Meningkat di Kota Bima

Kota Bima, Kahaba.- Jumlah Suspect (Dugaan) penyakit Campak tahun ini di Kota Bima meningkat. Dari catatan Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima, jika tahun sebelumnya hanya belasan orang, tahun ini hingga Oktober sudah mencapai 30-an lebih orang.

Ilustrasi

Ilustrasi

“Ironisnya, Suspect Campak sekarang tidak hanya menyerang anak – anak tapi juga remaja. Jumlah 30-an orang itu tersebar hampir diseluruh Kelurahan,” tutur Sekretaris Dikes Kota Bima, Ahmad.

Saat ditemui di ruangannya Kamis (22/10) mengatakan, transisi musim biasanya menyebabkan penyakit Campak muncul. Kendati tidak penyakit mematikan, namun penyakit penyertanya seperti seperti Radang Mata, ISPA dan Diare, cukup membahayakan.

“Penyakit Campak itu bintik bintik halus merah. Disebar dari virus campak yang menular dalam percikan cairan yang dikeluarkan saat bersin dan batuk. Virus itu menulari siapa pun yang menghirup percikan cairan ini,” ujarnya didampingi Kepala Bidang P2PL Dikes Kota Bima.

Langkah antisipasi yang sudah dilakukan pihaknya, melalui Puskesmas melakukan pendataan dan pengobatan penderita dan dilakukan kring Vaksinasi. Karena masih Suspect, pihaknya selalu mengirim sample ke Provinsi. “Sampai hari ini samplenya belum ada hasil, tapi ciri cirinya menyerupai Campak,” katanya.

Menurut dia, angka Suspect Campak tahun ini lumayan besar dibanding tahun-tahun sebelumnya. Untuk itu pihaknya menghimbau kepada seluruh warga Kota Bima untuk tidak lupa untuk imunisasi Campak.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *