Debat Terbuka, Empat Paslon Adu Konsep

Kabupaten Bima, Kahaba.- Debat terbuka Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015, Senin (26/10) berlangsung sukses. Empat Paslon yang akan berlaga saling beradu konsep dalam debat yang digelar KPU di Gedung DPRD Kabupaten Bima tersebut.

Debat paslon Bupati dan wakil Bupati Bima. Foto: Ady

Debat paslon Bupati dan wakil Bupati Bima. Foto: Ady

Jalannya debat dibagi dalam empat segmen dan dipandu Moderator, Doktor Kadri. Segmen pertama, masing-masing Paslon menyampaikan visi-misi dan program. Segmen kedua, Moderator bertanya kepada Paslon.

Pada segmen ini, pertanyaan yang telah disiapkan panelis diundi. Masing-masing Paslon mendapatkan satu pertanyaan berbeda usai menyaksikan pemutaran video terkait isu yang akan ditanyakan.

Diawali Paslon Nomor 2, Ady-Zubair (MAJU) mendapatkan pertanyaan mengenai konsep penanggulangan kemiskinan. Kemudian Paslon Nomor 3, Syafrudin-Masykur (SYUKUR) mendapatkan pertanyaan mengenai pendidikan.

Selanjutnya Paslon Nomor 4, Indah-Dahlan (DINDA) mendapatkan pertanyaan mengenai upaya mengatasi konflik yang kerap terjadi di Bima. Terakhir, Paslon Nomor 1, Khair-Hamid (KH) mendapatkan pertanyaan mengenai solusi untuk mengatasi maraknya illegal logging atau penebangan pohon secara liar.

Pada segmen ketiga, Paslon bertanya satu sama lain. Segmen ini berlangsung menarik dan penuh dinamika. Sebab, Empat Paslon saling menguji dan menjawab dengan argumentasi sesuai visi-misinya. Moderator membagi segmen ini menjadi tiga sesi sehingga berlangsung cukup lama.

Segmen terakhir, berisi pernyataan penutup atau closing statement Empat Paslon. Segmen ini dimanfaatkan Paslon untuk mempertegas visi-misi dan meyakinkan masyarakat bahwa mereka layak untuk dipilih pada Pemilukada 9 Desember mendatang.

Debat berlangsung selama tiga jam. Dimulai pukul 09.00 Wita berakhir sekitar pukul 12.30 Wita. Disiarkan langsung melalui stasiun televisi dan radio lokal Bima

*Ady

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *