Kabar Bima

DINDA: Saksi Adalah Penentu Kemenangan

220
×

DINDA: Saksi Adalah Penentu Kemenangan

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Selain masyarakat yang secara langsung memilih Calon Bupati dan Wakil Bupati Bima, penentu kemenangan pada 9 Desember nanti tidak lepas dari peran penting saksi. Saksi juga menjadi pilar penentu kemenangan pada pesta demokrasi yang digelar secara serentak seluruh Indonesia.

Hj. Indah Damayanti Puteri didampingi Dahlan M. Noer saat memberi arahan kepada saksi di Aula Desa Tawali. Foto: Noval
Hj. Indah Damayanti Puteri didampingi Dahlan M. Noer saat memberi arahan kepada saksi di Aula Desa Tawali. Foto: Noval

Calon Bupati Bima, Hj. Indah Damayanti Putri saat memberikan sambutan pada acara pelatihan saksi di Aula Desa Tawali, Selasa (10/11) mengakui, selain hasil pilihan masyarakat, namun yang tidak kalah penting yakni peran saksi yang telah mendapat mandat dari pasangan calon untuk bekerja dan mengawal perolehan suara.

DINDA: Saksi Adalah Penentu Kemenangan - Kabar Harian Bima

“Saksi adalah penentu perjuangan saat pencoblosan 9 Desember mendatang. Karena, merekalah yang secara langsung akan melihat dan memantau perhitungan suara nanti di TPS,” ungkapnya.

Saat pencoblosan dan perhitungan suara, kata dia, dalam satu TPS ada dua orang saksi yang ditempatkan. Tugas saksi, harus betul-betul teliti menyimak dan melakukan pengawasan. Saksi juga perlu ingat, jangan sampai lupa menggunakan hak pilihnya karena terlalu semangat bekerja.

Ia menghimbau, saksi harus sigap dan cakap dalam melakukan kerja sebagai saksi. Ketika ada masyarakat yang mencoblos lebih dari satu kali, maka saksi juga berhak menyampaikan protes. Jika tidak, maka perjuangkan selama ini akan sia-sia.

“Pelatihan ini tidak hanya sekedar datang mendengarkan. Tapi, pahamilah apa saja materi yang disampaikan KPU Kabupaten Bima,” pintanya.

Isteri Mantan Bupati Bima itu juga meminta agar saksi menjaga setiap kantong suara yang ada hingga 9 Desember. “Saya yakin, kalau kita terus mengawal kantong suara kita, maka perjuangan kita selama ini akan terpenuhi,” yakinnya.

Saksi DINDA saat menerima arahan,. Foto: Noval
Saksi DINDA saat menerima arahan,. Foto: Noval

Sekretaris Tim pemenangan pasangan DINDA Kabupaten Bima, Dafullah menyebutkan, peserta yang mengikuti pelatihan saksi ada dua Kecamatan, yakni Ambalawi dan Wera. Jumlah secara keseluruhan saksi yang mengikuti pelatihan sebanyak 160 orang. Kecamatan Wera 98 orang saksi dan Kecamatan Ambalawi ada 62 orang saksi.

“Untuk TPS dimasing-masing Kecamatan, Wera sebanyak 49 TPS dan Ambalawi sebanyak 31 TPS,” sebutnya.

Sementara itu, Kasubag Hukum KPU Bima, Jainal mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan pasangan DINDA tersebut. Karena kegiatan itu sangat membantu penyelenggara Pemilu. “Kegiatan ini banyak membantu penyelenggara,” katanya singkat.

Pantauan Kahaba, kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan saksi dari pasangan DINDA. Sedangkan pemateri, yakni Jainal Kasubag Hukum dan Ilham Kasubag Tehnis KPU Kabupaten Bima. Terlihat juga, Ketua Panwascam Kecamatan Ambalawi dan Wera dalam kegiatan tersebut.

*Noval