Semangat Juang Pahlawan Harus Diteladani

Kota Bima, Kahaba.- Dandim 1608 Bima, Letkol Arh. Edi Nugraha mengingatkan kepada generasi muda agar memaknai Peringatan Hari Pahlawan dengan meneladani semangat juang mereka membela negara.

Dandim 1608 Bima saat menyerahkan santunan kepada para veteran usai Upacara Peringatan Hari Pahlawan. Foto: Ady

Dandim 1608 Bima saat menyerahkan santunan kepada para veteran usai Upacara Peringatan Hari Pahlawan. Foto: Ady

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para Pahlawan. Refleksinya untuk kita adalah harus meneladani semangat perjuangan mereka,” ingat Dandim 1608 Bima kepada Kahaba.net usai upacara di Halaman Kantor Pemerintah Kota Bima, Selasa (10/11).

Menurut Dandim, para Pahlawan dulu telah rela, berani berkorban jiwa, raga dan harta benda untuk membela Negara. Namun, generasi saat ini tidak akan mungkin bisa sejauh itu berkorban untuk Negara. Karena itu, sebagai generasi penerus bangsa minimal bisa meneladani para Pahlawan, terutama moral dan mental mereka.

Harus diakui lanjutnya, beda zaman, maka beda pula tantangan, perjuangan dan pengorbanan. Kalau dulu pengorbanan para Pahlawan langsung fisik karena terkait dengan perang sungguhan. Nah, sekarang karena genrasi sudah menikmati kemerdekaan hasil perjuangan Pahlawan, maka patut bersyukur tidak lagi berperang fisik.

Meski demikian kata dia, aplikasi dan internalisasi nilai-nilai Kepahlawanan harus tetap terpatri dalam jiwa. Bagi pelajar dan generasi muda, tentu dengan belajar, berkarya dan berprestasi. Pendidikan harus lebih tinggi, sehingga jangan sampai menjadi bangsa terbelakang dan tertinggal dengan bangsa lain.

“Sedangkan kita dengan profesi masing-masing mengabdi kepada negara dengan mengisi pembangunan melalui hal positif untuk kemajuan bangsa,” ingatnya.

*Ady

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *