Kabar Bima

Dorong Pengurusan Akte Kelahiran, Dukcapil Bersurat ke 610 Sekolah

240
×

Dorong Pengurusan Akte Kelahiran, Dukcapil Bersurat ke 610 Sekolah

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Guna mendorong dan memberikan motivasi kepada guru dan Kepala Sekolah, untuk segera mengurus akte kelahiran siswa, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bima melayangkan surat ke 610 sekolah.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bima Andi Sirajudin menunjukan surat dari Mendagri. Foto: Bin
Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bima Andi Sirajudin menunjukan surat dari Mendagri. Foto: Bin

“Selain mendorong orang tua agar segera urus akte kelahiran untuk anaknya, kita juga perlu mendorong guru dan Kepal Sekolah. Sebab, hingga saat ini masih banyak siswa yang tercatat belum memiliki akte kelahiran,” ujar Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bima Andi Surajudin, Sabtu (14/11).

Dorong Pengurusan Akte Kelahiran, Dukcapil Bersurat ke 610 Sekolah - Kabar Harian Bima

Diakuinya, setelah melayangkan surat ke sekolah sejak tanggal tanggal 4 November 2015 dan ditembuskan ke Dinas Dikpora Kabupaten Bima, ada peningkatan pengurusan akte kelahiran di kantornya. “Alhamdulillah akhir – akhir ini kantor selalu ramai,” ucapnya.

Kata Andi, itu dilakukan pihaknya, karena menindaklanjuti surat dari Mendagri, yang berisi instruksi kepada Kepala Daerah agar mendorong Dinas Dukcapil untuk melakukan jemput bola pengurusan akte kelahiran.

Dengan harapan, hingga 31 Desember 2015, capaian pengurusan akte kelahiran mencapai 75 persen secara Nasional. Sementara di Kabupaten Bima sampai Oktober sudah mencapai 49 persen, dari 100.000 lebih jumlah anak 0-18 tahun.

*Bin