Kegiatan PNPM Mandiri Pedesaan Dipastikan Berakhir

Kabupaten Bima, Kahaba.- Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMDes) Kabupaten Bima A. Wahab Usman menegaskan, kegiatan PNPM Mandiri Pedesaan sudah dipastikan berakhir. Kepastian berakhirnya program yang masuk sejak tahun 2007 itu, saat rapat pengakhiran program di Mataram, Senin pekan lalu.

Kepala BPMDes Kabupaten Bima A. Wahab usman. Foto: Bin

Kepala BPMDes Kabupaten Bima A. Wahab usman. Foto: Bin

Dijelaskannya, program Nasional tersebut mulai tahun 2015 tidak dianggarkan secara Nasional. Secara Nasional juga sebenarnya sudah diakhiri tanggal 31 Desember 2014, tetapi masih ada sejumlah program yang diselesaikan ditingkat daerah. Maka mulai tanggal 1 Juli 2015, sampai 31 Oktober 2015, para fasilitator yang dulu diaktifkan kembali, dengan dua maskud.

“Pertama para Fasilitator melakukan proses persiapan pengakhiran program, termasuk menyelesaikan pekerjaan yang tertunda. Kedua, sekaligus menugaskan fasilitator PNPM Mandiri Pedesaan menjadi pendamping Desa,” jelasnya, Senin (16/11).

Kata dia, ?Setelah fasilitator diaktifkan kembali, seluruh fasilitator tingkat Kabupaten dan Kecamatan, resmi menjadi pendamping desa. Bahkan saat rapat pengakhiran program dimaksud dilakukan, fasilitator sudah resmi menjadi pendamping Desa.

“PNPM di Kabupaten Bima ada pada 8 Kecamatan, setiap kecamatan fasilitatornya ada dua, di Kabupaten 4 orang. Yang di Kabupaten menjadi tenaga ahli ditingkat Kabupaten, yang di Kecamatan akan menjadi pendamping Desa,” tuturnya.

Sekarang, sambung mantan Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima itu, semua sudah tuntas. Beberapa pecan kemarin sempat ada pekerjaan untuk menyelesaikan beberapa program fisik yang tersisa, tapi tidak dalam bentuk penganggaran baru.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *