Qurais: Al-Quran Sebagai Rujukan Pembinaan Karakter

Qurais: Al-Quran Sebagai Rujukan Pembinaan Karakter

Ilustrasi

Kota Bima,kahaba.- Di dalam Al-Quran terkandung pesan-pesan dan nilai untuk membangun kepribadian yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Keberadaan kitab suci umat Islam tersebut memberi kontribusi dalam membangun tatanan masyarakat yang aman, adil dan bermartabat.

Hal itu disampaikan Walikota Bima HM. Qurais H. Abidin sewaktu membuka secara resmi lomba MTQ ke IV tingkat Kecamatan Raba. Dirinya juga mengajak untuk menjadikan Al-Quran sebagai rujukan pembinaan karakter. “Mari kita memahami isi Al-Quran dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari,” ajaknya.

Kata dia, dengan memahami kandungan kitab suci itu, juga dapat mengungkap rahasia di muka bumi. Untuk itu, yang mampu menghayati pesan dan nilai di dalam Al-Quran, akan mendapatkan  keteduhan dan kedamaian hati. Karena pada hakikatnya, Islam itu adalah agama cinta, keadilan, menolak kebencian dan fitnah.

Sementara itu, kepada penyelenggara MTQ, Qurais meminta untuk menjalankan tugas yang dipercayakan sebagai panitia dengan baik dan benar. Hilangkan urusan kekeluargaan dan kedekatan untuk lomba tersebut. “Jika panitia tak bekerja dengan baik, sama halnya menghilangkan kesempatan Qori dan Qoriah menunjukn diri sebagai pemenang,” sorotnya.

Untuk peserta MTQ dirinya menyampaikan selmat berlomba. Tunjukan kemampuan terbaik, agar kedepan bisa mewakili Kecamatan maupun daerah pada perlombaan yang lebih tinggi.

Sebelumnya, Ketua Panitia MTQ Drs. Jufri MSi pada laporan pertanggungjawabannya mengatakan, kegiatan tersebut selain agenda Pemerintah Kota Bima yang dilaksanakan seara rutin setaip tahun, juga menjadi moment untuk membumikan Al-Quran.

Kemudian untuk peserta, lanjutnya, yang mengikuti MTQ tersebut sebanyak 139 orang dan 44 regu. Sedangkan sumber dana, berasal  dari DPA Kecamatan Raba, swadaya dan gotong royong masyarakat, sumbangan dan bantuan dari para donatur yang tidak mengikat. (BS)

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *