Kabar Bima

Panwaslu Minta Personil Intensifkan Pengawasan

197
×

Panwaslu Minta Personil Intensifkan Pengawasan

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bima meminta semua personilnya mengintensifkan pengawasan memasuki tahapan Pilkada tersisa. Mulai dari kampanye rapat umum, masa tenang, distribusi surat suara, pencoblosan, pungut hitung dan rekapitulasi nanti.

Ilustrasi
Ilustrasi

“Tahapan tersisa ini sangat menentukan dan krusial, sehingga tidak boleh main-main. Semua personil harus siap dalam meningkatkan pengawasan terhadap jalannya tahapan Pilkada,” ingat Ketua Panwaslu Kabupaten Bima, Abdullah siang tadi.

Panwaslu Minta Personil Intensifkan Pengawasan - Kabar Harian Bima

Terkait dengan kesiapan personil, pihaknya telah menggelar beberapa kali rapat koordinasi dan bimbingan tehnis. Terutama kepada Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Tujuannya, agar pemahaman panitia pengawas bisa menyeluruh terkait tahapan dan regulasi.

“Kami juga tentunya ingin semua tahapan Pilkada berjalan sesuai aturan dan dilakukan dengan cara-cara yang benar,” kata Ebit sapaan akrabnya.

Konsentrasi pengawasan Panwaslu lanjutnya, tidak saja tertuju pada peserta Pilkada. Tetapi distribusi surat suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan jajarannya merupakan persoalan penting untuk diawasi. Termasuk, pemasangan dan penertiban atribut kampanye yang tidak sesuai aturan.

Komisioner Panwaslu, Junaidin menambahkan, pengawasan juga dilakukan terhadap kegiatan kampanye pasangan calon bentuk lain. Aktivitas itu tidak boleh dilakukan selain yang diatur oleh KPU. Apabila ada yang melaksanakan, maka pasangan calon akan dijerat dengan kampanye di luar jadwal.

“Kampanye bentuk lain contohnya blusukan. Itu tidak diatur KPU. Karena yang diatur itu tatap muka, rapat terbatas, rapat umum dan kegiatan lain yang tidak bertetangan dengan aturan,” jelasnya.

*Ady