Kabar Bima

Mahasiswa STIKES Yahya Sorot Dualisme Kampus

368
×

Mahasiswa STIKES Yahya Sorot Dualisme Kampus

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Persoalan dualisme kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Yahya Bima kembali dipersoalkan mahasiswa. Selasa (7/12) pagi, sejumlah mahasiswa mempertanyakan hal itu dengan menggelar aksi di depan kampus yang berlokasi di Desa Penapali Kecamatan Woha tersebut.

Kampus STIKES Yahya Bima. Foto: Ady
Kampus STIKES Yahya Bima. Foto: Ady

Selain persoalan dualisme, mahasiswa juga mempertanyakan mengenai ijin operasional. Menurut mereka, dua hal itu masih simpang siur dan selama ini tidak ada penjelasan detail dari kampus.

Mahasiswa STIKES Yahya Sorot Dualisme Kampus - Kabar Harian Bima

“Ini persoalan serius dan menjadi tanda tanya kami selama ini sehingga menyebabkan keraguan untuk melanjutkan studi di STIKES Yahya,” sorot Koordinator Aksi, Arif Budianto.

Menurutnya, bila dualisme dan ijin operasional tidak diselesaikan segera oleh pihak kampus, maka dipastikan akan berakibat fatal terhadap proses penyelenggaraan pendidikan. Imbasnya, legalitas pendidikan dan ijazah yang dikeluarkan tidak sah sehingga akan merugikan mahasiswa.

“Kami bahkan mendapatkan informasi dari alumni, ada yang tidak diterima bekerja di Intansi Pemerintah Dompu lantaran keabsahan ijazah. Kalau ini benar, akan sangat merugikan kami sebagai mahasiswa,” terangnya.

Untuk itu, Arif bersama rekan-rekannya mendesak pihak kampus agar menjelaskan dua hal itu dengan menghadirkan Dirjen Dikti sebagai lembaga berkompeten. Tujuannya tak lain agar semua mahasiswa setempat tidak lagi resah dan ragu untuk melanjutkan studi di STIKE Yahya Bima.

Aksi tidak berlangsung lama, karena pihak kampus dan yayasan langsung keluar menemui mahasiswa untuk memberikan penjelasan. Mahasiswa juga diajak mendiskusikan persoalan itu dengan kepala dingin dan tidak langsung menggelar aksi.

*Ady