Pengawasan Hari H, Panwaslu Laksanakan Supervisi

Kabupaten Bima, Kahaba.- Sehari menjelang hari H pencoblosan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bima, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kembali melaksanakan supervisi dengan jajaran panitia pengawas tingkat desa dan kecamatan.

Komisioner Panwaslu Kabupaten Bima, Junaidin SPd

Komisioner Panwaslu Kabupaten Bima, Junaidin SPd

Komisioner Panwaslu Kabupaten Bima, Junaidin menjelaskan, supervisi dilakukan untuk meningkatkan pemahaman personil panitia pengawas di tingkat bawah terhadap tugas pengawasan.

“Pada intinya kami memberikan pencerahan terkait proses tahapan Pilkada. Terutama terkait tahapan pemilihan besok, kita harus pastikan personil kita betul-betul siap,” kata Junaidin.

Selain supervisi kata dia, komunikasi dan koordinasi juga secara intensif dilakukan dengan jajaran sejak tahapan Pilkada mulai berjalan. Seperti pada tahapan kampanye, berkoordinasi mengenai laporan dan temuan di lapangan.

Dengan begitu akunya, kondisi yang terjadi di semua wilayah pengawasan masing-masing personil tetap terpantau dan diketahui informasinya. Bahkan, pihaknya selalu memberikan arahan penanganan pelanggaran agar bisa ditangani dengan baik. Misalnya, apakah dugaan pelanggaran yang ditangani terpenuhi syarat formil maupun materilnya.

Terkait dengan pengawasan hari H sendiri, pihaknya akan mengerahkan semua personil pengawas. Terdiri dari sebanyak 693 Panitia Pengawas TPS, 191 Panitia Pengawas Lapangan, 54 Panitia Pengawas Kecamatan, 3 Komisioner Panwaslu dan semua staf sekretariat.

“Semua personil termasuk kami sendiri akan memaksimalkan pengawasan pada saat pemilihan besok, untuk memastikan tahapan berjalan sesuai aturan,” pungkas Junaidin.

*Ady

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *