Pemkot Bima Gelar Upacara HUT NTB ke-57

Kota Bima, Kahaba.- 17 Desember 2015 Provinsi Nusa Tenggara Barat genap berusia 57  tahun. NTB resmi menjadi Provinsi pada tahun 1958 dan dipimpin oleh Gubernur pertama HM. Ruslan Cakraningrat.

Proses Upacara HUT Kota Bima ke 13. Foto: Bin

Proses Upacara HUT Kota Bima ke 13. Foto: Bin

Peringatan hari ulang tahun NTB tingkat Kota Bima pun digelar di halaman Kantor Walikota Bima. Wakil Walikota Bima H. A. Rahman H. Abidin bertindak selaku Inspektur Upacara.

Prosesi upacara peringatan ulang tahun NTB berlangsung khidmat dan sederhana. Hadir pula dalam upacara tersebut Anggota FKPD Kota Bima dan Anggota DPRD Kota Bima, pejabat Eselon II, Eselon III, Camat dan Lurah serta seluruh pegawai Negeri Sipil lingkup Pemerintah Kota Bima.

Dalam amanat Gubernur Nusa Tenggara Barat yang dibacakan Wakil Walikota Bima, menyampaikan peringatan hari ulang tahun merupakan momentum yang tepat untuk bersama-sama melakukan introspeksi terhadap apa yang telah diperbuat bagi kemajuan NTB.

Berbagai keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan sampai saat ini telah mendapatkan apresiasi dari pemerintah maupun pihak lain. Hal itu terbukti dengan diraihnya berbagai penghargaan di level Nasional maupun Internasional.

“Untuk pertama kali NTB dikukuhkan sebagai The Best Mover dalam progresivitas pencapaian indeks pembangunan manusia. Ini menyebabkan peringkat IPM NTB mengalami perbaikan, dari posisi 33 menjadi posisi 30 dari 34 Provinsi,” katanya.

Demikian pula pertumbuhan ekonomi daerah, sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo dalam sambutan Pembukaan Musyawarah Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi seluruh Indonesia (APPSI), di Makassar bulan November yang lalu, NTB mengalami pertumbuhan ekonomi tertinggi Nasional sampai dengan Triwulan III Tahun 2015 sebesar 9,6% di luar sektor pertambangan.

Pemerintah menyematkan pula MDGs Award pada tahun 2015 untuk ke-5 kali berturut-turut sejak Tahun 2011. Penghargaan tersebut diberikan atas prestasi terbaik pertama kategori laju pencapaian MDGs dan terbaik ketiga kategori pencapaian indikator MDGs terbanyak selama tahun 2012-2014. Dalam bidang ketahanan pangan, Provinsi NTB terus dapat menjaga predikatnya sebagai penopang pangan Nasional.

“Produktivitas pangan selalu terjaga, sehingga penghargaan Adhi Karya Pangan Nasional mampu di raih selama tiga tahun berturut-turut,” ujarnya.

Dibidang pelayanan publik, Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Provinsi NTB meraih penghargaan Nasional “National Procurement Award” Tahun 2015, dengan nominasi keberhasilan melaksanakan peran LPSE Provinsi dalam mengawal proses pengadaan barang dan jasa Pemerintah secara efektif dan efisien. Demikian pulau di bidang pengelolaan keuangan, secara berturut-turut selama tahun 2011-2014 memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Dijelaskannya pula bahwa Pemerintah Nusa Tenggara Barat akan mengembangkan Eco Halal Hub di sebagian area Mandalika Resort, sebagai bentuk komitmen atas penghargaan ”World’s Best Halal Tourism Destination dan World’s Best Halal Honeymoon Destination”.

“Atas seluruh pencapaian ini, dengan segala kerendahan hati saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah berperan aktif mendukung program-program pemerintah. Mari terus tingkatkan hasil karya kita untuk kemajuan seluruh masyarakat,” apresiasi Gubernur dalam sambutannya.

Disamping itu, banyak event Nasional maupun Internasional yang akan berlangsung di NTB pada tahun 2016 mendatang. Nusa Tenggara barat akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) pada tanggal 6-9 Februari 2016, dan Musyabaqah Tilawatil Qur’an tingkat Nasional yang ke-26 bulan Agustus 2016. “Mari kita sukseskan event-event tersebut, jadilah tuan rumah yang baik,” harapnya.

Diakhir sambutannya, diajaknya seluruh masyarakat agar meningkatkan semangat dengan slogan “Ayo Kerja, NTB Maju, Bersatu Kita Bisa” demi menyongsong NTB yang lebih maju. Dihimbaunya kepada seluruh masyarakat agar mengupayakan percepatan pembangunan disegala bidang.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *