Pemkot Bima Gelar Sosialisasi Program Pelayanan Publik Elektronik

Kota Bima, Kahaba.-  Pemerintah Kota Bima melalui Bagian Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur (OPA) menggelar Sosialisasi Program Pelayanan Publik Secara Elektronik di Aula Kantor Walikota Bima, Jum’at (18/12).

Sosialisasi program pelayanan publik secara elektronik. Foto: Hum

Sosialisasi program pelayanan publik secara elektronik. Foto: Hum

Acara ini dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Bima H. A. Rahman H. Abidin. Hadir pula seluruh kepala SKPD lingkup Pemerintah Kota Bima beserta Camat dan Lurah.

Wakil Walikota Bima dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, karena pemanfaatan teknologi saat ini merupakan sesuatu hal yang tidak bisa dihindarkan dan menjadi kebutuhan utama.

Keberadaan teknologi juga menjadi jawaban untuk menyamaratakan kecepatan pelayanan kepada masyarakat. Pemerintah Kota Bima, saat ini sedang mengupayakan hal tersebut melalui penerapan layanan masyarakat berbasis online dengan memanfaatkan internet, salah satunya melalui aplikasi LAPOR (Layanan Pengaduan Online Rakyat) yang diluncurkan Bagian Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur Setda Kota Bima.

Kata dia, selama ini beberapa penerapan sistem pengaduan online telah dilaksanakan melalui website Kota Bima, masyarakat bisa melayangkan email pengaduan yang dimuat dalam website. Pengaduan-pengaduan dalam email tersebut didata oleh Bagian Humas yang selanjutnya dilaporkan kepada Walikota, Wakil Walikota, maupun Sekda. Selain via website, Pemkot juga memanfaatkan berbagai media sosial seperti facebook dan twitter. Cara tersebut dinilai sangat efektif.

“Alhamdulillah, melalui cara ini cukup banyak masyarakat yang membutuhkan pertolongan yang dapat kita respon dengan segera. Diantaranya: ada korban kecelakaan yang menderita pendarahan otak beberapa hari yang lalu, yang harus segera dirujuk ke Mataram namun keluarganya tidak memiliki uang cukup. Melalui corong pemerintah yakni Humas Kota Bima, memantau melalui foto dan status di facebook, dan segera melaporkan kepada Saya, Alhamdulillah malam itu juga segera diberangkatkan ke Mataram,” jelasnya.

Kedepan, ia berharap fungsi pelayanan memang harus semakin ditingkatkan. Teknologi informasi yang semakin maju tentu harus didukung oleh sumber daya manusia yang juga kompeten. Diajaknya semua elemen aparatur yang hadir untuk terus belajar, dan bekerja sama dan berkoordinasi.

“Penerapan e-government memerlukan kerja kolektif. Bukan hanya per sektor. Jangan biarkan masyarakat menunggu pelayanan,” inginnya.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara kegiatan yang juga Kabag OPA Setda Kota Bima Zainuddin, mengatakan, kegiatan sosialisasi pelayanan publik elektronik dimaksudkan untuk memperkenalkan aplikasi yang akan digunakan oleh Pemerintah Kota Bima, dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Sehingga masyarakat dapat memberikan masukan, ide, penilaian maupun keluhan terhadap kinerja pemerintah agar pemerintah dapat memperbaiki kinerja dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *