Kesadaran Membuat E-KTP Tahun 2015 Meningkat

Kota Bima, Kahaba.- Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Mariamah mengaku kesadaran masyarakat Kota Bima membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) Tahun ini meningkat. Tercatat, sejak Januari – 20 November, pencetakan KTP elektronik mencapai angka 8.413 keping.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Bima, Maryamah. Foto: Deno

Kepala Dinas Dukcapil Kota Bima, Maryamah. Foto: Deno

Maryamah yang ditemui di ruangannya, Senin (21/12) mengatakan dari jumlah total penerimaan blangko e-KTP Tahun Ini sebanyak 24.168 keping, yang sudah dipakai untuk mencetak sebanyak 8.413 keping. Sedangkan blangko yang rusak sebanyak 562 keping, dan sisa blankonya 5.472  keping.

“Alhamdulillah kesadaran masyarakat membuat KTP Tahun ini memang terlihat semakin meningkat, pencetakan Kartu Keluarga (KK) juga meningkat,” ujarnya.

Diakuinya, pembuatan KTP sangat penting, terlebih bagi yang lanjut usia, guna mendapatkan Akte Kematian. Sebab, mereka yang meninggal harus memiliki NIK KTP.

Kemudian, sambungnya, yang menjadi tugas Dinas Dukcapil sekarang yakni untuk pembuatan Akte Kelahiran perlu dilakukan pendataan ulang. Sebab Akte Kelahiran yang lama tidak masuk dalam sistem. Caranya yakni dengan melakukan jemput bola, bekerja sama dengan Kelurahan atau mendatangi sekolah untuk mendata anak – anak yang Akte Kelahirannya belum masuk dalam sistem.

*Deno

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *