Warga Wenggo Minta Pembangunan Masjid Dilanjutkan

Kota Bima, Kahaba.- Agenda reses hari terakhir Anggota DPRD Kota Bima Dapil 3 tertuju di Lingkungan Wenggo Kelurahan Penanae. Kendati sempat diguyur hujan, agenda untuk menyerap aspirasi masyarakat secara langsung itu tetap berjalan dengan lancar.

Anggota DPRD Kota Bima Dapil 3 saat Reses di Wenggo. Foto: Ady

Anggota DPRD Kota Bima Dapil 3 saat Reses di Wenggo. Foto: Ady

Pertemuan berlangsung di badan jalan Lingkungan Wenggo karena tidak ada lapangan dan tempat memadai. Beragam aspirasi disampaikan warga kepada sembilan Anggota Dewan Dapil 3. Namun secara umum, aspirasi mereka lebih didominasi persoalan infrastruktur.

Salah satu aspirasi penting, yakni permintaan untuk melanjutkan pembangunan Masjid Darurrahman Wenggo. Pasalnya, masjid setempat diakui sudah sembilan tahun dibangun tetapi belum juga rampung.

“Bayangkan saja, peletakkan batu pertama masjid kami sejak Tahun 2007 oleh Mantan Walikota Bima, Almarhum HM Nur A Latief. Setelah saat itu, tidak ada lagi perhatian dan terbengkalai begitu saja,” kata Tokoh Masyarakat Wenggo, A Wahab H Yusuf.

Fisik masjid kata Wahab, sampai saat ini baru sekitar 65 persen. Lantaran tidak ada kelanjutan pembangunan lagi, kondisinya memprihatinkan. Tembok mulai rapuh dan atap sudah bocor. Kondisi itu cukup mengganggu jama’ah yang melaksanakan ibadah.

“Warga kami mayoritas butuh tani, tak mampu swadaya untuk merampungkan pembangunan masjid. Sementara bantuan dari Pemerintah Kota Bima hanya Rp 15 juta tahun ini. Tentu tidak cukup memberbaiki masjid,” ujarnya.

Kondisi serupa juga lanjut Wahab, tak jauh berbeda dengan kuburan Wenggo. Setiap hari kuburan setempat kerap menjadi tempat tidur binatang ternak warga karena tidak ada pagar pembatas. Begitu pula pengeras suara masjid, harus dipakai secara bergantian saat pemakaman jenazah.

“Untuk itu, lewat kesempatan ini kami mengharapkan kepada para wakil rakyat Dapil 3 bisa memperjuangkan kelanjutan masjid kami,” harapnya.

Selain tiga hal itu, aspirasi lain yang disampaikan warga diantaranya terkait penerangan jalan masuk kampung, penambahan pembangunan deker, tanggul penahan pemukiman, dana stimulan untuk pedagang bakulan dan peningkatan infrastruktur lainnya yang hampir minim di Wenggo.

Menanggapi beberapa aspirasi itu, Wakil Ketua DPRD Kota Bima, Sahbudin mengaku telah mencatat dan akan memperjuangkannya. Dihadapan konstituennya, Politisi Gerindra ini juga memaparkan sejumlah program yang sedang dan telah direalisasikan di Wenggo.

Anggota lainnya juga bergantian memberikan penjelasan dari beragam aspirasi yang disampaikan. Pada intinya, sembilan Anggota Dewan Dapil 3 berjanji akan memperjuangkan aspirasi warga Wenggo. Tentunya dengan melihat skala prioritas dan kemampuan keuangan daerah.

*Ady

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *