Pemkab Bima Khatam 500 Santri dan Santriwati

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pemerintah Kabupaten Bima menghatamkan Al Quran sebanyak 500 orang santri dan santriwati dari utusan 18 Kecamatan. Kegiatan khataman massal yang dirangkaikan dengan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW itu digelar di Kantor Bupati Bima, Senin (28/12).

Santri dan Santriwati saat dikhatam massal. Foto: Hum

Santri dan Santriwati saat dikhatam massal. Foto: Hum

Hadir pada kegiatan tersebut, para Asisten Setda Bima, Kabag dan Kadis Lingkup Pemerintah Kabupaten Bima, Para Camat, guru TPA/TPQ yang ada di Kecamatan se – kabupaten Bima.

Prosesi khatam Al Quran dipandu Ketua MUI Kabupaten BIma TGH. Abdurahim Haris, Ketua Basnas Kabupaten Bima serta Ustad M. Sidik H. Adris.

Kabag Kesra Setda Bima H. Abdul Muis di sela – sela kegiatan menyampaikan, prosesi khataman massal Al Quran merupakan kegiatan rutin dari Pemerintah Daerah. Tahun 2015, dilakukan sebanyak 500 santri dan santriwati.

Kegiatan tersebut juga digelar dalam rangka mendukung 2 program Pemerintah Daerah, salah satunya membumikan Al Quran. Karena dengan membumikan Al Qur’an, para generasi yang baru dikhatam dapat mendalami isi dan kandungan kitab suci umat Islam tersebut.

“Oleh karena itu, kegiatan ini sangat penting dilaksanakan dalam rangka membentengi generasi muda dari pengaruh luar. Sehingga dengan dikhatam massal, generasi muda dapat menghafalkan dan memaknai isi kandungan Al Quran,” jelasnya melalui Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima M. Chandra Kusuma melalui siaran persnya.

Sementara itu, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Setda Bima. H. Abdul Wahab dalam sambutan mengatakan, kegiatan khataman merupakan salah satu momen penting bagi anak-anak dalam mengenalkan dan meletakkan dasar yang kokoh akan pentingnya memahami secara utuh isi kandungan Al Quran. Sehingga dapat membentuk akhlak sejak usia dini, dewasa dan sampai tua kelak.

“Bagaimanapun pengalaman hari ini akan membekas dalam ingatan anak-anak kita, sehingga dapat meningkatkan pemahaman dalam mempelajari isi yang terkandung di dalamnya dan diharapkan dapat menjadi generasi Qurani,” harapnya.

Usai dilakukan khataman massal Al – Qur’an ini para santri dan santriwati menerima piagam tanda tamat khataman Massal Al – Qur’an yang secara simbolis di terima oleh masing – masing Camat.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *