PPID Kabupaten Bima Raih Juara I Keterbukaan Informasi NTB

Kabupaten Bima, Kahaba.- Dalam tiga tahun berturut-turut, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Bima berhasil meraih prestasi terbaik, sebagai juara pada ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Provinsi NTB.

Kadishub Kominfo kab Bima & Ka. Sekretariat PPIDTahun ini, Penganugerahan Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik oleh Komisi Informasi Provinsi NTB berlangsung, Kamis (7/1) di Ballroom Hotel Grand Lagi Mataram, memperlombakan tiga kategori yaitu kategori PPID Kabupaten/kota, Kategori SKPD NTB dan Kategori Partai Politik.

Setelah dilakukan serangkaian tahapan ferivikasi dan kunjungan lapangan ke PPID Kabupaten/kota, SKPD provinsi NTB dan Parpol,  oleh Tim Komisi Informasi pada bulan Desember 2015, para juara pun diumumkan.

Ketua Komisi Informasi NTB Syaikhu ketika membacakan pemeringkatan para juara menobatkan PPID Kabupaten Bima sebagai peringkat I Kategori Kabupaten/Kota,  disusul PPID Kota Mataram pada posisi juara II dan PPID Lombok Barat pada juara III.

Selanjutnya, pada kategori PPID SKPD NTB, juara I disabet Bappeda Provinsi NTB, Juara II RS Jiwa Mutiara Sukma  dan Dinas Pertambangan dan Energi. Sementara pada kategori Partai Politik (Parpol), juara 1 diraih PKS dan juara II Partai Demokrat.

Pada acara yang turut dihadiri Wakil Gubernur NTB H. Muh. Amin dan sejumlah pejabat teras Pemprov NTB dan Kabupaten/kota tersebut, Ketua Komisi Informasi Pusat Abdul Hamid Dipopramono dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini bukan sekedar pesta tetapi merupakan amanat untuk mengevaluasi implementasi keterbukaan informasi badan publik.

Abdul Hamid menjelaskan, untuk menjamin implementasi keterbukaan informasi publik (KIP) di daerah diperlukan sosialisasi KIP kepada masyarakat agar publik bisa melakukan permohonan informasi. Disamping pada saat yang sama mendorong peran aktif Komisi Informasi di daerah dan mendorong peran media untuk membantu mempublikasi informasi.

Wakil Gubernur dalam sambutannya mengatakan, KIP merupakan tuntutan reformasi dan sebagai instrumen suatu negara untuk mencapai  kemajuan. Oleh karena itu lanjutnya, dibutuhkan peran akif masyarakat sehingga akses informasi harus terbuka luas.

Kemudian, Kepala Sekretariat PPID Kabupaten Bima yang juga Kabid Kominfo Dishub Muhammad Irfan usai menerima penghargaan mengatakan, PPID Kabupaten Bima berhasil meraih peringkat I karena dinilai telah memenuhi syarat antara lain, data yang dibutuhkan sebagai standar pelayanan semua tersedia di sekretariat PPID.

Disamping itu,  PPID Kabupaten Bima sudah membentuk 191 PPID Desa, dan ada inovasi berupa pembuatan majalah PPID, Buku Himpunan Peraturan PPID dan Papan Informasi ke semua SKPD dan Kantor Camat.

Agar prestasi ini dapat dipertahankan, ke depan  penguatan SDM pelayanan dan pembinaan sampai ke tingkat desa, koordinasi dengan SKPD akan makin diintensifkan, sehingga informasi berkala harus sudah ada di Sekretariat tepat waktu dan perlu melakukan inovasi layanan informasi online.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *