Mutasi Diharapkan Dorong Semangat Kerja Pegawai

Kota Bima, Kahaba.- Pimpinan DPRD Kota Bima, Syahbudin berharap kebijakan mutasi, rotasi dan promosi yang dilakukan Pemerintah Kota Bima terhadap 150 pejabat bisa meningkatkan semangat dan efektivitas kerja eksekutif. (Baca. Walikota Bima Mutasi dan Promosi 152 Pejabat)

Pimpinan DPRD Kota Bima, Syahbudin. Foto: Bin

Pimpinan DPRD Kota Bima, Syahbudin. Foto: Bin

Karena menurut Syahbudin, selama ini seringkali kebijakan mutasi justru membuat para pegawai tidak semangat bekerja. Lantaran merasa, penempatan posisi kerja tidak sesuai keinginan, tidak sesuai bidang keahlian, tidak sesuai latar belakang keilmuan atau terlalu jauh dari tempat kerja sebelumnya.

“Semua ini mudah-mudahan menjadi landasan Pemerintah Kota Bima dalam mengambil kebijakan. Terpenting lagi, mutasi harus melihat kinerja, kompetensi dan keahlian pegawai,” ujarnya.

Dengan demikian lanjutnya, posisi pada SKPD dan instansi betul-betul diisi oleh pejabat dan pegawai yang memiliki kompetensi. Sehingga semangat kerja tercipta untuk mewujudkan kelancaran program pembangunan yang digaungkan Pemerintah Kota Bima.

“Mutasi, rotasi dan promosi adalah sesuatu yang wajar untuk penyegaran birokrasi. Hal ini harus dijadikan motivasi bagi para pegawai untuk lebih meningkatkan kinerja dimanapun ditempatkan,” tuturnya.

Bila ada riak-riak protes dari masyarakat lanjutnya, seperti kemarin di Kelurahan Sarae karena tak ingin lurahnya digeser. Hal itu dinilai wajar, sebagai bentuk kecintaan masyarakat terhadap pemimpin yang disenangi. Asalkan protes itu tidak sampai anarkis, merusak dan merugikan orang lain.

Namun harus diingat kata dia, bahwa Kepala Daerah menempatkan pejabat sudah melalui pertimbangan. Tidak mungkin pejabat harus tetap pada satu posisi itu saja karena akan berdampak pada karir.

“Begitu juga dengan Lurah, mungkin karena dianggap punya catatan prestasi bagus sehingga digeser dengan harapan untuk memajukan kelurahan lain,” ujar Duta Partai Gerindra ini.

Sahbudin juga berharap, jajaran birokrasi dengan formasi baru saat ini bisa bersinergi dengan Legislatif dan semua elemen masyarakat demi membangun daerah tercinta lebih maju lagi.

*Ady

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *