Tak Terurus, Kantor Pengawas Pendidikan Memprihatinkan

Kota Bima, Kahaba,- Kantor Koordinator Pengawas Sekolah (Korwas) Kota Bima, yang terletak di jalan Gajah mada samping SMAN 4 Kota Bima kondisinya saat ini tak terurus dan sangat memprihatinkan.

Kondisi bagian depan kantor Korwas Pendidikan Kota Bima. Foto: Eric

Kondisi bagian depan kantor Korwas Pendidikan Kota Bima. Foto: Eric

Hal ini terlihat saat awak media berkunjung dan memasuki ruangan kantor setempat. Kondisinya tampak lusuh, kotor, dinding retak, dan atap plafon yang sudah rusak berat serta peralatan kantor tidak memadai.

“Inilah kondisi kantor kami, dimana meja maupun kursi yang masih kurang, atap plafon yang sudah rusak berat, dinding retak dan hanya memiliki satu unit komputer dalam bekerja,” ujar Ketua Korwas Kota Bima, H Alwi Hardy kepada Kahaba.net, Rabu (13/1) kemarin.

Mirisnya, saat seluruh pengawas pendidikan mengadakan rapat, selalu kekurangan kursi dan meja. Sehingga pada saat rapat berlangsung, banyak yang berdiri dan duduk berdua dalam satu kursi. Dan lebih menyedihkan, meja yang digunakan untuk rapat, masih menggunakan tenis meja.

“Dengan anggota pengawas berjumlah 53 orang, dan menempati bangunan tua dan reok ini. Kemudian ditambah dengan perlatan kantor yang minim, maka bisa dibayangkan pekerjaan kami ikut terpengaruh,” bebernya.

Padahal, kata Alwi, pekerjaan pengawas sangatlah berat karena harus turun mengontrol dan mengawasi setiap sekolah dalam rangka  membina guru dan kepala sekolah demi peningkatan mutu pendidikan. Apalagi, ditambah dengan kendaraan operasional, tidak pernah diberikan kepada pengawas. Praktis ini juga mempengaruhi kinerja di lapangan.

“Sejak dulu hingga saat ini, kami selalu mengusulkan perbaikan kantor dan kendaraan operasional melalui Dikpora Kota Bima. Namun tidak pernah ada respon sama sekali. Sehingga apa yang menjadi cita-cita bersama, dalam memajukan dunia pendidikan hanyalah semu semata,” tuturnya.

Untuk itu, bersama seluruh jajaran pengawas pendidikan mengharapkan kepada Pemerintah Kota Bima melalui Dikpora Kota Bima dapat memperhatikan kantor pengawas.

“Semoga perbaikan dan pengadaan fasilitas dapat terwujud di tahun ini,” harapnya.

*Eric

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *