Kabar Bima

Dinas Tata Kota Tidak Mampu Capai PAD

262
×

Dinas Tata Kota Tidak Mampu Capai PAD

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Berdasarkan hasil Monitoring Evaluasi (Monev) Komisi III DPRD Kota Bima, Dinas Tata Kota dan Pertamanan (DTKP) tidak mampu mencapai target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tahun 2015.

Ketua Komisi III DPRD Kota Bima Alfian Indrawirawan. Foto: Bin
Ketua Komisi III DPRD Kota Bima Alfian Indrawirawan. Foto: Bin

“Dari target PAD Rp 650 juta, Dinas Tata Kota hanya mampu mencapai 60,92 persen pada Tahun 2015,” ungkap Ketua Komisi III DPRD Kota Bima, Alvian Indrawirawan, kemarin.

Dinas Tata Kota Tidak Mampu Capai PAD - Kabar Harian Bima

Capaian PAD itu kata Politisi Partai Golkar ini, masih jauh dari harapan. Dia menilai pengelolaan sumber potensi di SKPD setempat belum dilakukan secara maksimal. Namun anehnya, target PAD untuk Tahun 2016 justru semakin meningkat menjadi Rp 800 juta.

Dinas Tata Kota dengan berbagai alasan terangnya, mengaku kaget ketika Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) menetapkan target PAD. Mereka menganggap target itu terlalu besar. Padahal sebelum penetapan didahului dengan klinis oleh SKPD terkait dengan Tim TAPD.

“Tidak bisa saling menyalahkan begitu. Harusnya sebelum penetapan target PAD, SKPD memberikan sanggahan dulu kalau memang terlalu besar. Kalau menyetujui berarti dianggap mampu,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Anggota Komisi III lainnya, Dedy Mawardi. Duta Partai Hanura ini menegaskan, tidak mungkin target PAD langsung ditetapkan karena ada klinis terlebih dahulu.

“Tetapi dinas malah mengaku bingung. Kami kan hanya menerima dan mengevaluasi. Meski demikian, kami berharap target sekian bisa dicapai,” harapnya.

*Ady