Kabar Bima

Datangi Sekolah, Dinas Dukcapil Perekaman E-KTP untuk Pelajar

292
×

Datangi Sekolah, Dinas Dukcapil Perekaman E-KTP untuk Pelajar

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Memudahkan pelayanan bagi masyarakat, terutama pelajar yang sudah memasuki usia 17 Tahun, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Bima mendatangi sekolah dan melakukan perekaman E-KTP.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Bima Maryamah saat memberikan pengarahan soal E-KTP kepada siswa SMAN 4 Kota Bima. Foto: Bin
Kepala Dinas Dukcapil Kota Bima Maryamah saat memberikan pengarahan soal E-KTP kepada siswa SMAN 4 Kota Bima. Foto: Bin

Untuk yang pertama, Dinas Dukcapil menyambangi SMAN 4 Kota Bima. Ratusan siswa yang sudah berusia 17 tahun pun antusias diproses perekamana E-KTP.

Datangi Sekolah, Dinas Dukcapil Perekaman E-KTP untuk Pelajar - Kabar Harian Bima

Kepala Dinas Dukcapil Kota Bima, Maryamah mengatakan, pelayanan tersebut guna memudahkan pelajar yang ingin dibuatkan Kartu Identitas Penduduk Elektronik. Sasaran perdana yang dilakukannya yakni di SMAn 4 Kota Bima.

“Ini penting dilakukan, karena sebentar lagi pelajar kelas III yang sudah usia 17 Tahun akan studi ke luar daerah. Karena, selama ini kasihan anak – anak kita yang harus kembali ke daerah untuk membuat KTP. Sebab, mengurus KTP di daerah lain, pelajar harus membawa surat pindah,” jelasnya.

Kata dia, di sekolah pihaknya hanya melakukan perekaman. Setelah itu, di bawa kantor untuk diproses. Jika E-KTP selesai dibuat, pelajar harus ambil sendiri ke Kantor Dinas Dukcapil, tidak boleh ada perwakilan. Karena ada proses aktifasi dan pengambilan sidik jari.

Diakui Maryamah, setelah selesai di SMAN 4 Kota Bima, agenda berikutnya di SMAN 2 Kota Bima. Kemudian dilanjutkan pada sekolah yang sudah menkonfirmasi kesiapannya. Proses perekaman, tidak akan mengganggu kegiatan belajar mengajar siswa.

“Insya Allah kami akan tuntaskan semua sekolah. Selesai di SMA, kita akan masuk ke SMK dan berikutnya ke Madrasah Aliyah. Lalu dilanjutkan secara berjenjang ke tingkat SD, TK dan PAUD, bagi anak yang belum memiliki Kartu Identitas Anak,” katanya.

Sementara itu, Kepala SMAN 4 Kota Bima, Mukhtar mengapresiasi langkah yang dilakukan Dinas Dukcapil Kota Bima. Karena telah memudahkan pelajar untuk mengurus kartu identitas penduduk. “Kami bangga dengan cara kerja seperti ini,” pujinya.

*Bin