Kelurahan Pane Gelar Musrenbang

Kota Bima, Kahaba.- Pemerintahan Kelurahan Pane menggelar kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) tingkat Kelurahan, Senin (15/2). Kegiatan tersebut turut diikuti perwakilan Ketua RT, RW, LPM, BKM, Karang Taruna dan masyarakat.

Musrenbang di Kelurarahan Pane. Foto: Eric

Musrenbang di Kelurarahan Pane. Foto: Eric

Lurah Pane, A. Faruk mengatakan, Musrenbang merupakan forum musyawarah tahunan, yang dilaksanakan secara partisipatif oleh para pemangku kepentingan, untuk menyepakati rencana kegiatan tahun anggaran yang berjalan, sesuai dengan level tingkatan.

Tujuan musrenbang sendiri, dijelaskannya, menampung dan menetapkan kegiatan prioritas, sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang diperoleh dari hasil musyawarah perencanaan. Kemudian menetapkan kegiatan yang dibiayai melalui APBD, maupun sumber pendanaan lainnya dari pemerintah daerah maupun pusat.

“Fungsi dilaksanakannya Musrenbang, untuk menghasilkan kesepakatan antar pelaku pembangunan tentang rancangan rencana kerja pemerintah. Yang menitikberatkan pada pembahasan, untuk sinkronisasi rencana kerja antar lembaga, dan satuan kerja perangkat daerah,” bebernya.

Setiap aspirasi masyarakat, kata dia, akan ditampung dan disampaikan kepada Pemerintah Daerah, untuk ditindaklanjuti sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Sebab banyak aspirasi yang tidak bisa diakomodir, bukan karena faktor lain, namun berdasarkan kecukupan anggaran dan urgensi kebutuhan.

“Setelah hasil musrenbang ini disampaikan, kami minta kepada masyarakat untuk bersabar, dan menunggu hasil keputusan Pemerintah. Mari bersama saya, mengawal setiap tahapan pelaksanaan tahapan aspirasi yang telah disampaikan. Serta bersama mengawal program kerja pemerintah keluarahan,” ajaknya.

Sementara itu, Camat Rasanae Barat L. Sukarsana menambahkan melalui Musrenbang tersebut, dirinya meminta kepada masyarakat untuk menyampaikan aspirasi melalui potensi, kemampuan dan kondisi lokal di Kelurahan Pane.

“Kami selaku Pemerintah akan selalu bersama masyarakat mengawal dan menjalankan program pemerintah,” tambahnya.

*Eric

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *