Kabar Bima

PKM Soromandi Sosialisasi PIN

253
×

PKM Soromandi Sosialisasi PIN

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Guna mematangkan pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 8 Maret 2016, Kepala Puskesmas (PKM) Soromandi beserta jajarannya menggelar sosialisasi PIN di Aula Puskesmas setempat. Turut hadir pada kegiatan tersebut, masyarakat, Bidan Desa, Kades serta para kader kesehatan.

Kepala PKM Soromandi Alamsyah. Foto: Eric
Kepala PKM Soromandi Alamsyah. Foto: Eric

Kepala PKM Soromandi Alamsyah menjelaskan, tujuan pelaksanaan PIN Polio tahun ini untuk dapat mengurangi resiko penularan terhadap importasi Virus Polio di Kecamatan Soromandi. Melalui sosialisasi PIN Polio itu pula, Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan ingin memberikan perlindungan secara optimal dan merata, kepada kelompok bayi umur 0-59 bulan terhadap kemungkinan munculnya kasus Polio.

PKM Soromandi Sosialisasi PIN - Kabar Harian Bima

“Pelaksanaan kegiatan serentak di seluruh Indonesia 8 Maret mendatang, Pemerintah ingin semua ibu yang mempunyai Balita hadir. Yang belum sempat hadir atau belum mendapatkan imunisasi, kami akan mengunjungi dan memberikan imunisasi polio,” katanya.

Menurut Alamsyah, pelaksanaan PIN Polio sangat penting bagi kesehatan, karena kesuksesan pelaksanaan kegiatan ini untuk menuju Eradikasi Polio dunia.

“Penyakit ini pada umumnya menyerang anak umur 0-3 tahun, yang ditandai dengan munculnya demam, lelah, sakit kepala, mual, kaku di leher dan sakit di tungkai serta lengan,” bebernya.

Adapun upaya pencegahan dan pemberantasan penyakit ini, telah dilakukan melalui Gerakan Imunisasi Polio dan ditindaklanjuti dengan kegiatan suveilans epidemiologi secara aktif.

“Selaku leading sector pemerintah di daerah pelosok, upaya pencegahan tetap dilakukan melalui kegiatan sosialisasi rutin di setiap poskesdes dan Pustu,” tambahnya.

*Eric