Wawali Bima Beri Pembekalan Praja IPDN Kampus NTB

Kota Bima, Kahaba.- Sebanyak 400 Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Nusa Tenggara Barat (NTB) yang akan melaksanakan Praktek Lapangan III Nindya Praja dan Praktek Lapangan II Madya Praja di Kota Bima menerima pembekalan dari Wakil Walikota (Wawali) Bima, H. Arahman H. Abidin, SE. Acara pembekalan berlangsung di kampus IPDN NTB pada Jumat, 26 Februari 2016.

Wawali Bima saat memberikan pengarahan pada pembekalan Praja IPDN Kampus NTB. Foto: Hum

Wawali Bima saat memberikan pengarahan pada pembekalan Praja IPDN Kampus NTB. Foto: Hum

Dalam kesempatan tersebut, Wawali memaparkan tentang gambaran umum wilayah Kota Bima, penyelenggaraan pemerintahan, serta sistem kemasyarakatannya. Sementara Kapolresta menerangkan tentang kondisi keamanan wilayah.

“Salah satu ciri khas masyarakat Bima adalah sistem kemasyarakatan yang komunal. Budaya gotong royong masih cukup kuat, dan terutama sangat terasa pada saat ada kejadian musibah. Kedudukan tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat masih dihargai, sehingga penyelesaian masalah lebih mudah dilaksanakan dengan melibatkan para tokoh tersebut”, kata Wakil Walikota melalui siaran pers yang disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Ihya Ghazali.

Dirinya meminta kepada seluruh Praja untuk mengikuti dan melaksanakan praktek lapangan ini dengan sebaik-baiknya, dengan penuh tanggung jawab dan semangat pengabdian yang tinggi. Para Praja pun diharapkan dapat berbaur dengan masyarakat dan menghormati norma-norma yang berlaku pada masyarakat setempat.

Kepala Satuan Latihan IPDN NTB, Syahruddin Yasin menerangkan, sasaran lokasi praktek lapangan yang akan dilaksanakan bulan Mei/Juni tersebar di Kecamatan Mpunda dan Asakota. Selama praktek lapangan para peserta akan melaksanakan program umum yang terbagi dalam tiga bidang yaitu pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan.

Kegiatan yang akan dilaksanakan mencakup pendampingan administrasi Kelurahan, Monografi Kelurahan, gotong royong, olah raga bersama, anjangsana, dan sosialisasi sekolah kepamongprajaan.
Sebagai pelengkap program –program tersebut, Wakil Walikota berpesan agar para peserta praktek lapangan menyertakan kegiatan penghijauan di lahan-lahan kritis Kota Bima.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *