Bupati Bima: Keluarga Kecil Terencana, Cikal Bakal Kesuksesan Bangsa

Kabupaten Bima, Kahaba.- Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri ketika membubuhkan tulisan pada acara Pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) dan Kampung Hijau tingkat kabupaten Bima, Sabtu (27/2) berpesan keluarga kecil terencana cikal bakal kesuksesan Bangsa.

Bupati Bima saat meninjau Stand kader. Foto: Hum

Bupati Bima saat meninjau Stand kader. Foto: Hum

Pada pencanangan yang dipusatkan di Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) Nggembe Kecamatan Bolo itu, Bupati Bima mengatakan seperti negara lainnya, saat ini bangsa Indonesia juga menghadapi beragam masalah yang perlu mendapatkan perhatian semua pihak, yaitu bertambahnya jumlah penduduk dan terjadinya kerusakan lingkungan.

“Desa Nggembe dipilih menjadi lokasi pencanangan karena memenuhi kriteria yang di tetapkan, dimana pencapaian peserta KB yang masih rendah. Sehingga ke depan  desa ini dapat menjadi lebih maju dari desa lain,” ungkapnya dihadapan para kader Posyan, TP PKK dan masyarakat desa Nggembe.

Kata dia, berdasarkan laporan BPPKB, partisipasi KB pria di Kabupaten Bima hanya mencapai 3 persen. Padahal keberhasilan program keluarga berencana di suatu daerah, bukan hanya tanggung jawab kaum ibu, tetapi juga peran para bapak, karena itu penting untuk kebahagiaan bersama.

Pembentukan Kampung Keluarga Berencana, ditujukan agar manfaat program KB dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, mulai dari masyarakat pinggiran, masyarakat miskin serta masyarakat yang berada di pemukiman padat penduduk seperti di Kecamatan Bolo.

“Dengan pencanangan di Desa Nggembe, tentunya kita berharap agar lembaga Pemerintah, kalangan swasta dan semua pihak dapat berperan dalam fasilitasi, mendampingi dan membina masyarakat untuk menyelenggarakan program kependudukan, KB dan pembangunan keluarga KK BPK yang benar benar memiliki daya ungkit terhadap pencapaian target keluarga berencana yang telah ditetapkan,” paparnya.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *