DPPKAD Sosialisasi Pengelolaan PBB dan BPHTB

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) menggelar sosialisasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) di Convention Hall Paruga Nae , Selasa (1/3).

Sosialisasi PBB dan BPHTB. Foto: Bin

Sosialisasi PBB dan BPHTB. Foto: Bin

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Bima H. Arahman H. Abidin itu juhga dihadiri oleh sejumlah kepala SKPD, Kepala Sekolah dan masyarakat.

Kepala DPPKAD Kota Bima, Muhtar Landa dalam laporannya mengatakan, ada beberapa jenis pajak yang dikelola oleh Pemerintah Kota Bima, yaitu PBB dan BPHTB, serta bidang pendapatan lain diantaranya pajak hotel, restoran, hiburan, air tanah, dan penerangan jalan.

“DPPKAD bertugas mengadministrasikan penerimaan daerah sektor pajak yang menjadi komposisi utama APBD. Dana APBD dialokasikan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat diantaranya pembangunan fasilitas publik yang memadai,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Bima dalam sambutannya, mengajak masyarakat untuk berperan serta dalam pembangunan Kota Bima dengan cara membayar pajak.

Sebab APBD Kota Bima masih sangat bergantung pada Pemerintah Pusat. Persentase PAD dari keseluruhan APBD kita sangat kecil. Angka yang kecil ini harus dioptimalkan pengadministrasian dan pengelolaannya.

“Membayar pajak berarti membantu pembangunan daerah,” katanya.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *