HUT Damkar ke-97 Diperingati dengan Khidmat

Kota Bima, Kahaba.- Wakil Walikota Bima H. Arahman H. Abidin memimpin upacara peringatan HUT Pemadam Kebakaran (Damkar) ke-97 Tahun 2016, di halaman Kantor Walikota Bima, Selasa (01/03).

Wawali memberi hormat saat upacara HUT Damkar. Foto: Hum

Wawali memberi hormat saat upacara HUT Damkar. Foto: Hum

Upacara dihadiri rekan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Bima, Sekda Kota Bima, Asisten, Staf Ahli dan Kepala SKPD dan Kabag di lingkungan Pemerintah Kota Bima. HUT Damkar ke-97 diperingati dengan khidmat dan sederhana.

Dalam sambutann Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang dibacakan Wakil Walikota Bima mengatakan, peringatan HUT Damkar tahun ini menjadi momentum seluruh Bangsa Indonesia melakukan gerakan perang terhadap kebakaran, dan pentingnya mengedepankan tindakan preventif atau pencegahan daripada responsif kebakaran.

“Apabila ada kebakaran, lakukan segera pemadaman dini, jangan biarkan api tumbuh menjalar membesar, karena kobaran api yang telah membesar akan sulit dipadamkan, yang akibatnya dapat menimbulkan korban jiwa, kerugian materi, kehilangan mata pencarian, kemunduran ekonomi, kerusakan lingkungan,” ujarnya melalui siaran pers yang disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Ihya Ghazali.

Dijelaskannya pula, tanggal 1 Maret merupakan hari bersejarah bagi petugas pemadam kebakaran, yang dahulu dikenal dengan sebutan branweer. Mengenang kisah perjuangan dan pengorbanan petugas pemadam kebakaran dalam melakukan perlawanan terhadap kobaran api, baik di pemukiman penduduk, bangunan gedung publik, pabrik atau industri, pasar, hutan dan lahan gambut.

Diingatkannya pula agar seluruh Aparut Sipil Negara agar terus bekerja dan berbuat lebih baik demi bangsa dan negara. Sekaligus melakukan revolusi mental dalam bentuk pelayanan dan penyelamatan, dalam rangka menciptakan kembali keamanan dan kenyaman bagi setiap bangsa dengan berperilaku sesuai karakter bangsa Indonesia.

“Oleh karena itu, patutlah kita peringati hari pemadam kebakaran setiap tahunnya sebagai bentuk penghargaan atas perjuangan para petugas pemadam kebakaran yang kita kenal sejak tahun 1919 telah memberikan pelayanan, pencegahan, pemadaman kebakaran dan penyelamatan terhadap korban kebakaran dan bencana lainnya,” paparnya.

Pada apel tersebut, Wakil Walikota menyerahkan satu unit motor kepada petugas Damkar sebagai penghargaan atas jasa yang telah ditunjukkan.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *