Dinda: Damkar Petugas Penyelamat Jiwa

Kabupaten Bima, Kahaba.- Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri saat memimpin apel gabungan yang dirangkaikan dengan HUT Damkar ke-97 serta apel Siaga Bencana Tingkat Kabupaten Bima, Senin (7/3) mengatakan, 1 Maret merupakan hari yang bersejarah bagi petugas Pemadam Kebakaran  (Damkar).

Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri saat memimpin apel gabungan. Foto: Noval

Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri saat memimpin apel gabungan. Foto: Noval

“Semua elemen harus mengenang kisah perjuangan dan pengorbanan Damkar. Karena merekalah  petugas penyelamat jiwa masyarakat,” ujarnya.

Damkar, menurut dia, bertugas tidak mengenal panasnya api, baik saat memadamkan api di pemukiman penduduk, bangunan gedung publik, pabrik industri, pasar dan hutan. Tidak saja itu, Damkar juga telah menyelamatkan jiwa serta harta benda masyarakat.

Oleh karena dedikasi petugas Damkar Kabupaten Bima ini, patutlah diperingati hari pemadam kebakaran setiap tahunnya sebagai bentuk penghargaan.

“Perjuangan petugas Damkar sejak tahun 1919, telah memberikan bukti nyata dan memberikan pelayanan pencegahan kebakaran terhadap masyarakat,” katanya.

Tugas pokok dan fungsi Damkar ada 5 atau dikenal Panca Dharma. Yakni, Pencegahan dan Pengendalian Kebakaran, Pemadam Kebakaran, Penyelamatan, Pemberdayaan dan Penanganan Kebakaran Bahan Berbahaya serta Beracun.

“Damkar petugas yang mempunyai kewajiban untuk siaga 24 Jam dan tidak mengenal hari libur,” tutur Bupati Bima.

*Noval

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *