Kabar Bima

40.679 Balita di Kabupaten Bima Ikut Program PIN Polio

224
×

40.679 Balita di Kabupaten Bima Ikut Program PIN Polio

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Sebanyak 40.679 balita yang berumur 0-59 bulan di Kabupaten Bima, Selasa (8/3) mengikuti program Pekan Imunisasi Nasional (PIN).

Bupati Bima saat meneteskan vaksin Polio kepada Balita. Foto: Noval
Bupati Bima saat meneteskan vaksin Polio kepada Balita. Foto: Noval

Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Bima, H. Hefdin Umar mengatakan, PIN Polio adalah pemberian imunisasi tambahan kepada Balita, tanpa memandang status imunisasi Polio sebelumnya.

40.679 Balita di Kabupaten Bima Ikut Program PIN Polio - Kabar Harian Bima

“Eradikasi Polio secara global akan memberikan keuntungan secara finansial. Biaya jangka pendek yang dikeluarkan untuk mencapai tujuan eradikasi, tidak seberapa dibandingkan dengan keuntungan yang akan didapat pada jangka panjang,” jelasnya di Rabakodo Kecamatan Woha, Selasa (8/3) disela-sela melayani warga.

Data dari Kementrian Kesehatan yang diperoleh Dikes Kabupaten Bima, menunjukkan bahwa cakupan Polio 4 melebihi 90 Persen dan hal itu tidak merata diseluruh Provinsi. Untuk Provinsi NTB Tahun 2015 lalu, cakupan imunisasi Polio 4 sebesar 99,7 Persen.

“Sedangkan untuk Kabupaten Bima, sebesar 100 Persen bila dibandingkan dengan riset kesehatan dasar Tahun 2013 lalu hanya sebesar 77 Persen saja,” sebutnya.

*Noval