SMPN 6 Laksanakan Sholat Gerhana Matahari

Kota Bima, Kahaba.- Jajaran guru dan siswa SMPN 6 Kota Bima melaksanakan sholat Gerhana Matahari di Musholla setempat, Rabu (9/3). Kegiatan tersebut merupakan bagian dari ungkapan rasa syukur akan kebesar dan kekuasaan Allah SWT.

Khotib saat ceramah usai Sholat Gerhana Matahari di SMPN 6 Kota Bima. Foto: Eric

Khotib saat ceramah usai Sholat Gerhana Matahari di SMPN 6 Kota Bima. Foto: Eric

“Peristiwa gerhana ini sebagai pembelajaran juga bagi siswa, sebab hal itu baru akan terjadi lagi ratusan tahun mendatang,” ujar guru SMPN 6 selaku khotbah dan imam kegiatan, Abubakar H. Yasin

Shalat sunnah gerhana secara berjamaah, sangat banyak manfaat dan bernilai pahala. Sesuai tuntunan baginda Nabi Muhammad SAWdan sebelum pelaksanaan sholat bertakbir terlebih dahulu.

“Dalam hadis riwayat Buchori-Muslim disebutkan, bahwa sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua dari tanda-tanda kekuasaan Allah SWT,” bebernya.

Ditambahkan Abubakar, fenomena terjadinya Gerhana Matahari bukanlah karena kematian seseorang atau kehidupannya, tapi melainkan tanda-tanda kebesaran sang pencipta. Maka jika melihatnya, berdoalah kepada Allah SWT, bertakbirlah kepada-Nya, bersedekahlah, dan dirikan Shalat.

“Semua yang terjadi di alam semesta, termasuk Gerhana Matahari merupakan tanda dan kekuasaan Allah SWT. Untuk itu mari kita selalu bersyukur dan selalu mengingat kebesaran sang Khalik,” tandasnya.

*Eric

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *