Mantapkan Persiapan Musrenbang, Bappeda Gelar Forum SKPD

Kota Bima, Kahaba.- Sebagai upaya penajaman usulan Program dan Kegiatan Masing-masing SKPD, dalam rangka Persiapan Pelaksanaan Musrenbang 2016, Bappeda Kota Bima gelar Forum SKPD Kota Bima di Aula Kantor Walikota Bima, Kamis (10/03). Acara ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Bima Muhamad Rum.

Jajaran SKPD saat mengikuti persiapan Musrenbang. Foto: Hum

Jajaran SKPD saat mengikuti persiapan Musrenbang. Foto: Hum

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima Ihya Ghazali melalui siaran persnya mengatakan, pelaksanaan forum SKPD 2017 tingkat Kota Bima merupakan bagian dari proses perencanaan pembangunan yang terintegrasi, sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan PeraturanPemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, tatacara penyusunan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah.

Hal ini menunjukkan adanya pendekatan perencanaan menggunakan sistem perencanaan bawah atas (bottom up planning) berdasarkan asas demokrasi dan desentralisasi. Dengan adanya daftar prioritas Kecamatan atau Renstra Kecamatan hasil perencanaan partisipatif, yang telah dilakukan melalui penggalian gagasan, musyawarah desa, dan musyawarah antar desa maka diharapkan rencana kerja masyarakat tersebut menjadi prioritas untuk disinkronkan dalam Renja SKPD.

Peserta forum diikuti peserta kurang lebih 150 orang lebih yang terdiri dari Kepala dan para pejabat perangkat daerah, utusan kecamatan/BKAD, dan wakil kelompok masyarakat yang berkaitan langsung dengan fungsi SKPD. Pelaksanaan Forum SKPD akan dilaksanakan selama 2 hari yakni tanggal 10 Maret hingga 11 Maret 2016.

Kepala Bappeda, Zainudin menyampaikan bahwa penyelenggaraan Forum SKPD dalam rangka menyelaraskan program dan kegiatan SKPD dengan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang RKPD Kota Bima di Kecamatan. Selain itu, kegiatan ini dilaksanakan pula dalam rangka mempertajam indikator serta target program dan kegiatan SKPD sesuai dengan tugas dan fungsi SKPD.

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Kota Bima Muhamad Rum menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada seluruh jajaran dan stakehorders yang telah hadir. Diharakannya melalui kegiatan Forum SKPD ini dapat dirumuskan bahan rencana pembangunan tahun depan menjadi lebih baik.

“Program Kegiatan Pembangunan Kota Bima Tahun 2016 harus terukur, output, outcame serta dampak serta manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat harus bisa diukur dalam rangka peningkatan pembangunan di Kota Bima,” paparnya.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *