BLH Bersama Kopa Mbojo Lestarikan Terumbu Karang di Kolo

Kota Bima, Kahaba.- Keberadaan terumbu karang dan biota laut di Sonumbe Kelurahan Kolo kini menjadi perhatian Pemerintah Kota Bima. Guna melestarikan dan menyelamatkan kekayaan laut tersebut, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Bima bersama Kopa Mbojo melakukan transplantasi terumbu karang.

Jajaran BLH dan KOpa Mbojo saat berada di Sonumbe Kolo. Foto: Bin

Jajaran BLH dan KOpa Mbojo saat berada di Sonumbe Kolo. Foto: Bin

Kepala BLH Kota Bima, Syamsudin mengatakan, sebagai Badan yang juga peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup, pihaknya juga ambil bagian untuk menjaga dan kelestarian terumbu karang di sekitar Pantai Kolo.

“Melestarikan terumbu karang sama halnya menjaga ekosistem biota laut, sehingga dapat mendongkrak ekonomi nelayan di daerah sekitar,” ujarnya, Kamis (17/3).

Kata dia, bersama Kopa Mbojo, BLH akan serius melestarikan terumbu karang. Karena dengan transplantasi terumbu karang, dapat meningkatkan jumlah populasi ikan.

“Selain di Sonumbe, target kita juga ingin melestarikan terumbu karang yang ada di sekitar pantai Bonto dan Pulau Kambing. Dengan harapan lain, semoga kedepan menjadi target bisnis wisata laut,” harapnya.

Kedepan, tambah pria yang bergelar Doktor tersebut, pihaknya akan berkoordinasi dan bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan serta Dinas Pariwisata, untuk bersama – sama mengembangkan biota laut, sehingga menjadi aset kelautan dan wisata yang perlu di jaga dan dilestarikan.

Sementara itu, Anggota Kopa Mbojo, Mul Cris mengatakan, di Sonumbe sudah dilakukan transplantasi terumbu karang, mulai tanggal 21 Februari – 9 Maret Tahun 2016. “Kondisi terumbu Karang saat ini hidup, berwarna dan berkembang dengan baik,” ujarnya.

Diakui Mul, biota laut di Sonumbe sangat banyak. Seperti ikan, sekitar ratusan jenis. Diantaranya Lion Fish, Kerapu, Ikan Hias, Ikan jenis Nemo, Lobster dan jenis barakuda. Sementara terumbu karang, juga beberapa jenis seperi acropora berbagai jenis, soft coral animus, Animo dan Soft Coral.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

1 komentar

  1. sunaini Rofi'ah

    Bagus sekali infonya admin 🙂 kalau bisa jangan hanya BLH yang berkecimpung tetapi perlu bekerjasama dengan NGO lingkungan dan juga edukasi untuk para nelayan tentang pentingnya menjaga lingkungan dan keberlangsungan ekosistem biota laut yang salah satunya adalah terumbu karang sebagai rumah bagi hewan laut terutama ikan min 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *