Kabar Bima

Ketua PAN Akan Ditentukan 5 Anggota Formatur

216
×

Ketua PAN Akan Ditentukan 5 Anggota Formatur

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Musyawarah Daerah (Musda) IV DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Bima, Rabu (24/3) siang menandai berakhirnya kepengurusan 2010-2015. Selain itu, Musda juga telah menetapkan lima orang anggota formatur yang bertugas untuk memilih Ketua DPD PAN Kabupaten Bima periode 2015-2020. (Baca. Ady dan Maman Kandidat Terkuat Ketua PAN)

Musda PAN Kabupaten Bima. Foto: Ady
Musda PAN Kabupaten Bima. Foto: Ady

Lima anggota formatur tersebut yakni Ady Mahyudi, M Aminurlah (Maman), Sukrin HT ditambah perwakilan dari DPW PAN NTB satu orang, H Muazzim Akbar. Berdasarkan ketentuan partai, formatur ini ditentukan oleh DPW dan calon bisa mendaftar sebanyak-banyaknya.

Ketua PAN Akan Ditentukan 5 Anggota Formatur - Kabar Harian Bima

“Kemudian calon dikirim ke DPW, apabila DPW menurunkan 9 nama atau lebih dari 4 nama, maka forum Musda mengerucutkan menjadi 4 orang. Tetapi tadi, DPW menurunkan 4 orang sehingga langsung ditetapkan sebagai formatur,” jelas M Natsir, salah satu anggota formatur saat dihubungi via telepon seluler. (Baca. Musda PAN Digelar, Sejumlah Calon Siap Bertarung)

Natsir menegaskan, lima orang inilah yang akan melaksanakan musyawarah mufakat untuk menentukan Ketua DPD PAN Kabupaten Bima dan menyusun kepengurusan periode 2015-2020.

“Sampai tadi sore, formatur belum mengadakan rapat. InshAllah kalau tidak ada halangan besok atau lusa kami akan mengadakan rapat bersama,” jelasnya.

Pihaknya akan berkoordinasi lebih dahulu untuk menyepakati dimana lokasi rapat akan digelar. Apabila nantinya rapat formatur deadlock atau tidak ada titik temu dan tidak menghasilkan sebuah keputusan. Maka secara mekanisme partai, penentuan Ketua DPD PAN diambil alih oleh kepengurusan satu tingkat diatasnya. Dalam hal ini, DPW NTB.

“Orang yang akan menjadi Ketua Formatur dan Ketua DPD PAN tidak keluar dari empat orang ini. Bisa Pak Ady, bisa Pak Maman, bisa Pak Sukrin HT dan bisa juga saya. Serta satu orang dari Majelis Pertimbangan Partai Daerah,” urainya.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bima ini menambahkan, penyelenggaran Musda PAN secara mekanisme telah dilaksanakan dan mengakhiri kepengurusan sebelumnya. Musda dibuka langsung oleh Wakil Ketua DPP PAN, Hanafi Rais. Dihadiri Ketua DPW PAN NTB, H Muazzim Akbar, Anggota DPR RI dari PAN, H Syafrudin dan sejumlah tokoh PAN di NTB, Pulau Sumbawa dan Bima.

*Ady