BKP2 Gelar Lomba Cipta Menu B2SA

Kota Bima, Kahaba.- Lomba cipta menu beragam, bergizi seimbang, dan aman (B2SA) tingkat Kota Bima kembali digelar. Lomba dilaksanakan di halaman kantor Bappeda Kota Bima, Senin (28/3), dibuka oleh Walikota Bima.

Kepala BKP2 Kota Bima saat memberikan sambuatn pada acara lomba Cipta Menu B2SA. Foto: Bin

Kepala BKP2 Kota Bima saat memberikan sambuatn pada acara lomba Cipta Menu B2SA. Foto: Bin

Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKP2) Kota Bima, Syamsuddin dalam laporannya mengatakan, kegiatan yang dirangkaikan dengan HUT Kota Bima ke 14 itu bertujuan, meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA, meningkatkan kreativitas anggota keluarga dalam memilih, menyusun, dan mengkonsumsi menu B2SA. Selain itu, meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengolah sumber pangan yang beragam.

“Peserta lomba terdiri dari Tim Penggerak PKK seluruh kelurahan se-Kota Bima, kecuali Kelurahan Kolo dan Penaraga yang tidak mengirimkan wakilnya,” ujarnya.

Syamsudin menyebutkan, untuk tim penilai terdiri atas satu orang ahli gizi, satu orang ahli kesehatan, unsur PKK, dan BKP2. Sementara biaya penyelenggaraan berasal dari DPA BKP2 Tahun Anggaran 2016.

“BKP2 menyediakan dana pengganti pembelian bahan senilai Rp. 500.000,- bagi masing-masing kelompok peserta. Hadiah yang disediakan kurang lebih bernilai Rp. 6 juta. Menuruti saran dari tim auditor BPK Provinsi NTB, kami tidak lagi memberi hadiah uang tunai melainkan berupa barang. Barangnya pun tidak dibungkus agar langsung bisa dinilai harganya,” jelasnya.

Sementara itu, Walikota Bima, HM. Qurais H. Abidin dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan tersebut. Dirinya juga menyampaikan bahayanya konsumsi beras berlebihan. Diantara sumber karbohidrat yang lain, beras memiliki kadar gula yang paling tinggi. Akibatnya angka penderita diabetes di Indonesia sangat tinggi.

“Dari hasil lomba ini, diharapkan kaum ibu semakin pintar mengolah sumber pangan selain beras agar menjadi makanan yang enak dan menggugah selera anggota keluarga,” kata Walikota.

Menutup arahannya, Walikota berharap agar pelaksanaan lomba cipta menu B2SA makin ditingkatkan, terutama variasi jenis masakannya.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *