Kabar Bima

Songsong Pembangunan, FKUB Dorong Peran Pemuda Lintas Agama

244
×

Songsong Pembangunan, FKUB Dorong Peran Pemuda Lintas Agama

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Kondusifitas daerah merupakan tanggungjawab bersama masyarakat. Salah satunya, sangat bergantung dari peran pemuda. Biar bagaimanapun, peran pemuda dalam menjaga keamanan ikut menunjang kelancaran pembangunan daerah.

FKUB saat pertemuan lintas pemuda. Foto: Ady
FKUB saat pertemuan lintas pemuda. Foto: Ady

Atas dasar itu, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bima menggelar kegiatan Dialog Pemuda Lintas Agama, Rabu (30/3) pagi di aula setempat. Tema yang diangkat yakni Peran Pemuda Dalam Menyongsong Pembangunan Kota Bima, Kota Tepian Air.

Songsong Pembangunan, FKUB Dorong Peran Pemuda Lintas Agama - Kabar Harian Bima

Kegiatan ini melibatkan peserta dari pelajar OSIS, organisasi kemahasiswaan, organisasi pemuda dan pemuda lintas agama. Menghadirkan narasumber dari Pemerintah Kota Bima, TNI, Polri, Akademisi dan Tokoh Agama.

“Pemuda lintas agama perlu duduk bersama, mencurahkan pikiran, ide dan gagasan untuk menyongsong pembangunan Kota Bima,” jelas Ketua FKUB Kota Bima, Eka Iskandar.

Menurut Eka, saat ini keberadaan pemuda masih dipandang sebelah mata oleh sejumlah pihak. Hal itu diperburuk citra pemuda karena terlibat berbagai persoalan. Seperti kasus narkoba dan terorisme. Dua kasus ini, melibatkan para pemuda sebagai pelaku dominan.

Padahal kata dia, pemuda menjadi harapan daerah dan bangsa karena tonggak pembangunan ada ditangan mereka. Begitu pula, dalam konteks menjaga kerukunan antar umat beragama peran pemuda sangatlah menentukan.

“Pemuda harus menjadi garda terdepan dalam menjaga kondusifitas daerah. Termasuk pemuda lintas agama harus menampilkan peran untuk menyongsong pembangunan di daerah ini,” tuturnya.

Dirinya berharap, kegiatan dialog pemuda lintas agama dapat membangun harmonisasi dan menyatukan persepsi para pemuda untuk saling menjaga toleransi. Serta bahu-bahu untuk saling membantu menjaga ketertiban di daerah.

*Ady