Praktek Lapangan Praja IPDN Kampus NTB di Kota Bima, Berakhir

Kota Bima, Kahaba.- Praktek Lapangan II Madya Praja dan Praktek Lapangan III Nindya Praja IPDN Kampus NTB di Kota Bima berakhir. Berakhirnya praktek tersebut ditandai dengan apel penutupan Jumat, 1 April 2016, di halaman kantor Walikota dan penandatanganan berita acara pelepasan praja IPDN kembali ke kampus NTB oleh Walikota dan Direktur IPDN Kampus NTB.

Apel penutupan Praktek Lapangan Praja IPDN Kampus NTB. Foto: Hum

Apel penutupan Praktek Lapangan Praja IPDN Kampus NTB. Foto: Hum

Walikota Bima bertindak selaku pembina apel, turut hadir juga Direktur IPDN Kampus NTB, Dyah Poespita, Ketua Ikatan Alumni IPDN Kota dan Kabupaten Bima, H. Taufik HAK, yang juga merupakan Sekretaris Daerah Kabupaten Bima, serta Ketua TP PKK Kota Bima.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Ihya Ghazali dalam siaran persnya mengatakan, berdasarkan laporan pihak IPDN, para praja telah berhasil menyelesaikan sejumlah program di 27 Kelurahan yang menjadi lokasi praktek lapangan. Program-rogram tersebut antara lain penataan administasi kelurahan, sosialisasi wawasan kebangsaan dan bahaya narkoba serta HIV/AIDS, gotong royong dengan masyarakat, membantu pelaksanaan Posyandu, dan ikut terlibat dalam pelaksanaan MTQ tingkat kelurahan serta program PKK.

Selain itu ada beberapa program khusus berupa penanaman 500 bibit pohon di wilayah kelurahan Kolo, pengecoran 12 tiang masjid di lingkungan Mase, kegiatan bedah rumah, donor darah yang menghasilkan 189 kantong darah, khitanan masal dengan peserta 21 orang anak dari berbagai kelurahan, dan pemberian santunan kepada 40 orang anak yatim piatu.

Jumlah praja peserta praktek lapangan adalah 182 orang nindya praja putra, 71 nindya wanita praja, 112 madya praja putra, dan 34 madya wanita praja. Dua praja dalam kondisi sakit dan satu praja telah izin kembali ke daerah karena orang tuanya meninggal.

Direktur IPDN Kampus NTB mengucapkan terima kasih kepada Walikota atas segala sambutan dan dukungan terhadap kegiatan praktek lapangan ini.

Walikota Bima HM. Qurais H. Abidin pun menyampaikan ucapan terima kasih dalam sambutannya. Atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Bima, dirinya mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar IPDN, khususnya IPDN kampus NTB yang telah melakukan bakti negeri dalam program praktek lapangan, berbaur dengan perangkat daerah dan masyarakat Kota Bima.

Terutama, partisipasi para praja dalam ikut memeriahkan peringatan hari ulang tahun Kota Bima yang ke-14 dengan melaksanakan berbagai kegiatan, mulai dari donor darah, penghijauan, serta ikut dalam pawai budaya. Pasukan drum band IPDN mendapat perhatian dan sambutan hangat dari masyarakat Kota Bima.

“Dalam keadaan hujan deras saat pawai budaya tanggal 29 Maret lalu, semangat para praja tidak surut untuk tetap memberikan penampilan terbaiknya. Untuk itu saya sampaikan terima kasih”, kata Walikota.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota dan Direktur IPDN NTB bertukar cinderamata. Dyah Poespita juga memberikan plakat kepada Sekda Kabupaten Bima dan lima camat Kota Bima.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *