Desa Talabiu Wakili Kabupaten Bima Lomba Kelompok BKB NTB

Kabupaten Bima, Kahaba.- Sekretaris Daerah Kabupaten Bima HM. Taufik, HAK hadir pada acara Penilaian Lomba Kelompok Bina Keluarga Balita, BKR, BKL, Keluarga Harmonis, KB Lestari, PPKS, UPPKS dan PPKBD Tingkat Provinsi NTB, Selasa (5/4), di Desa Talabiu Kecamatan Woha.

Sekda Kabupaten Bima saat memberikan sambutan pada Lomba Kelompok BKB NTB. Foto: Hum

Sekda Kabupaten Bima saat memberikan sambutan pada Lomba Kelompok BKB NTB. Foto: Hum

Sekda dalam sambutannya mengatakan, program KB Nasional yang diintegrasikan dengan program pembangunan lainnya di Kabupaten Bima telah menunjukkan hasil menggembirakan.  Dapat dilihat dari tingginya partisipasi masyarakat untuk menjadi peserta KB  aktif yang dibina sampai bulan Maret 2016 sebanyak 72.588 Akseptor atau 78,17 % dari 92.862 pasangan usia subur.

Pencapaian peserta KB yang tertinggi di Kecamatan Woha sebesar  22,10 persen dari PPM. Besar harapannya agar kelompok Bina Keluarga Balita, BKR, BKL, Keluarga Harmonis, KB Lestari, PPKS, UPPKS, dan PPKBD ini dapat menjadi kelompok yang terbaik ditingkat Propinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2016 dan dapat mewakili Propinsi Nusa Tenggara Barat di Tingkat Nasional.

Ketua TP PKK Kabupaten Bima Hj. Rostiati Dahlan dalam sambutannya  mengatakan, dengan tingginya tingkat partisipasi masyarakat untuk menjadi peserta Keluarga Berencana, maka akan mempengaruhi penurunan tingkat kelahiran  dan laju pertumbuhan penduduk Kabupaten Bima.

Pelaksanaan Program Bina Keluarga Balita  sudah terbentuk sebanyak 185 kelompok, BKR 72 kelompok, BKL 64 kelompok, Keluarga Harmonis 18 kelompok, UPPKS 155 kelompok, PPKS 4 kelompok, PPKBD 18 kelompok, dan SUB PPKBD 794 kelompok.

“Keberhasilan ini berkat adanya kemauan dan   kerjasama yang baik dari semua instansi terkait dan kader BKB, kader Posyandu yang secara sukarela membantu pemerintah dalam memberikan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) dalam masyarakat. Mudah-mudahan capaian ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan terus dimasa yang akan datang,” ujar Hj. Rostiati.

Ketua Tim Penilai Tingkat Provinsi NTB H. Jamiluddin, MM dalam sambutannya menyampaikan, tujuan pelaksanaan lomba-lomba  ini adalah untuk meningkatkan akselerasi pada program pembangunan keluarga dan dilaksanakan dengan mengedepankan prinsip-prinsip keterbukaan, keadilan dan dapat dipertanggungjawabkan.

Jamiluddin  menambahkan, pada lomba tahun sebelumnya, Provinsi NTB berhasil meraih 3 besar terbaik Nasional untuk 5 mata lomba dan  kita berharap prestasi di tingkat nasional tersebut kembali data diraih dan dtingkatkan.

Sebelumnya, Kepala BPPKB Kabupaten Bima Drs. H. Arifudin dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan lomba ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap rutin oleh BKKBN Provinsi NTB.

Adapun kegiatan lomba yang diikuti sebanyak 12 lomba, antara lain Lomba Kelompok Bina Keluarga Balita, BKR, BKL, Keluarga Harmonis, KB Lestari, PPKS, UPPKS dan PPKBD yang akan dilaksanakan di Desa Talabiu Kecamatan Woha, sedangkan lomba yang lain akan diadakan di SMAN 1 Sape, Kecamatan Bolo, Kecamatan Madapangga dan di RS Sondosia Bolo.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *