Sidak Usai Isra’ Miraj, Pegawai Pemkab Kalang-Kabut

Bima, Kahaba.- Momen peringatan Isra’ Mi’raj di lingkup Pemerintah Kabupaten Bima Jumat pagi (13/7) di lapangan Kantor Bupati Bima dimanfaatkan oleh Wakil Bupati Bima Drs. H. Syafrudin H.M. Nur, M.Pd untuk melakukan inspeksi mendadak (sidak) berkaitan dengan absensi kehadiran pegawai. Tak ayal hal ini membuat ribuan pegawai yang hadir menjadi kalang-kabut. Wabub sengaja melakukan sidak itu karena sudah menjadi rahasia umum bahwa perilaku titip-menitip absen sering didapati dalam setiap kegiatan pegawai negara.

PNS (ilustrasi)

PNS (ilustrasi)

Kabag Humas dan Protokol Drs. Aris Gunawan kepada media mengungkapkan kegiatan yang berlangsung kemarin pagi sedikit berbeda dengan kebiasaan.  “Amanat atau sambutan Bupati saya ganti dengan mengabsen satu-persatu pegawai yang hadir. Usai Peringatan Isra Mi’raj yang hanya sekali saja setahun, saya langsung menginstruksikan setiap SKPD membuat absen pegawainya satu-satu,” ujar Aris menirukan perintah H. Syafrudin dari atas mimbar ditengah acara.

Instruksi mendadak dari orang nomor dua di Kabupaten Bima itu sontak membuat kaget. Sejumlah pegawai yang menghadiri sibuk mencari absen-absen. Para pegawai lainnya terlihat celingukan dan suara riuh terdengar dari barisan layaknya lebah. Apalagi sang Wabup memberi ancaman kepada pegawai yang terbukti menitip absen juga yang mengabsenkan temannya akan mendapatkan hukuman.

Lanjut Aris, dalam sidak kemarin wakil bupati langsung memeriksa satu-persatu nama yang tertera di absen dan mencocokkannya dengan pegawai yang hadir. bahkan dalam pencocokan nama tersebut daftar hadir yang digunakan adalah absen gabungan dari seluruh SKPD yang ada.  “Daftar Absen yang ditangan kanan saya adalah absen pertama, dan yang ditangan kiri saya ini yang datang belakangan,” seloroh Wabup yang mendapat sambutan riuh para pegawai. Wabup bahkan mengecek KTP salah seorang pegawai, untuk membandingkan dengan data yang tertera di absen.

Ditambahkannya, Karena Wabup melakukan pengecekan satu-satu daftar absen dan berinteraksi langsung dengan pegawai maka  acara Isra’ Mi’raj yang harusnya berakhir sejak pukul 08.45 molor hingga pukul 10.00 pagi. Usai memeriksa kehadiran seluruh pegawai, Wabup mengingatkan kembali mengingatkan bahwa hari Senin mendatang dirinya akan melakukan pengecekan di masing-masing SKPD berkaitan dengan pegawai yang tidak hadir pada saat inspeksi mendadak tersebut. Bagi pegawai absen hadir dengan keterangan ijin dan sakit pada hari Senin harus bisa menunjukkan surat ijin/sakitnya. “Pokoknya, hari Senin tidak ada alasan harus ada. Biar di Tambora sekalipun harus datang,” kata Wabup mengakhiri. [BK]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *