Wawali Buka Sosialisasi DAK SLBM dan SANIMAS

Kota Bima, Kahaba.- Untuk memenuhi tersedianya sarana sanitasi yang memadai, terutama di wilayah permukiman padat, Pemerintah memprogramkan Dana Alokasi Khusus Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (DAK LSBM) dan Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (Sanimas) Tahun 2016.

Sosialisasi DAK SLBM dan SANIMAS Tahun 2016. Foto: Hum

Sosialisasi DAK SLBM dan SANIMAS Tahun 2016. Foto: Hum

Program prioritas Nasional yang dibiayai APBN melalui Satker PPLP Provinsi NTB itu disosialisasikan oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bima di Aula kantor Walikota, Selasa (12/4). Sosialisasi dihadiri para Lurah, Ketua LPM, dan Koordinator BKM dari Kelurahan-Kelurahan lokasi kegiatan.

Wakil Walikota H. Arahman H. Abidin dalam sambutannya megatakan, mengingat besarnya anggaran tersebut, ia meminta para pengguna anggaran untuk memperhatikan Juknis Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban.

“Saya meminta seluruh peserta sosialisasi melakukan langkah lanjutan dengan memberikan penjelasan kepada KSM yang akan menjadi pengguna sarana sanitasi,” pintanya melalui siaran pers yang disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Ihya Ghazali.

Kata ia, dua program tersebut ditujukan untuk pencapaian target 100 0 100, yaitu 100 persen pemenuhan air bersih, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen tersedianya sarana sanitasi.

Untuk tahun 2016, pagu DAK SLBM Kota Bima sebesar Rp 4. 250.000.000,- yang ditujukan bagi 10 Kelurahan. Sementara pagu Sanimas sebesar Rp 800.000.000,-.

Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara swakelola oleh masyarakat pengguna sarana sanitasi dengan membentuk kelompok swadaya masyarakat (KSM).

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *