Birokrat Jalan-Jalan Ajak Masyarakat Bersihkan Pantai

Kabupaten Bima, Kahaba.- Komunitas Birokrat Jalan-Jalan (BJJ) yang bergerak dalam program sosial dan traveling mengajak masyarakat untuk membersihkan Pantai Kalaki. Kegiatan tersebut sebagai bentuk gerakan sosial, untuk mengajak dan menumbuhkan kesadaran masyarakat menjaga kebersihan lingkungan, dan melestarikan wisata alam.

Birokrasi Jalan Jalan

Birokrat Jalan Jalan

Ketua Komunitas Birokrat Jalan-jalan, Amin Rasyidi didampingi dua anggotanya Rifqi Nadhor dan Arda Nhaya mengatakan, rencana kegiatan itu akan dilaksanakan di Pantai Kalaki, hari Sabtu (23/4) dimulai pukul 08.00 Wita, dengan sasaran kegiatan Komunitas Pencita Alam, Mahasiswa, Penggiat Usaha Pelestarian Budaya dan Kesenian Bima dan masyarakat umum.

“Kami mengajak seluruh elemen dan masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Hingga saat ini, sudah lima orang yang mendaftar dan satu komunitas,” ujarnya saat bertandang ke Kantor Redaksi Kahaba.net, Kamis (14/4) malam.

Diakuinya, kegiatan bersih-bersih pantai ini bertujuan meningkatkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, menanamkan semangat memerangi limbah manusia sebagai aksi nyata dalam mengurangi dampak global warming, sekaligus memperingati hari bumi.

Bentuk kegiatan yang dilakukan, sambungnya, agenda utama membersihkan pantai, kemudian mengumpulkan dan mengklasifikasi sampah organik dan non organik, lalu menjual sampah non organik yang masih berguna dan menyalurkan hasil penjualan sampah tersebut untuk usaha pelestarian terumbu karang di Kawasan So Santigi.

“Kami ingin melalui kegiatan sosial ini, masyarakat lebih menghargai betapa pentingnya kebersihan, karena terdapat banyak manfaat seperti pantai sebagai tempat tinggal biota laut, terumbu karang dan mangrove yang telah ada dapat melindungi laut dari abrasi serta pantai dapat dijadikan pengembangan pariwisata dan tempat rekreasi,” paparnya.

Amin menambahkan, bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi tidak dikenakan biaya, bahkan akan diberikan merchandise menarik dari panitia sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

“75 orang yang menjadi pendaftar pertama akan mendapatkan Merchandise dan piagam dari BJJ,” tambahnya.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *